Kicauan Netizen di Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Rabu, 31 Mei 2017
Kicauan Netizen di Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia
Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati setiap 31 Mei (Ilustrasi: MP/Arie Prijono)

Bagi para perokok, tahukah Anda bila hari ini, Rabu (31/5), merupakan peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia?

Di tahun 1987, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan hari ulang tahun ke-40-nya (7 April 1988) sebagai "hari tidak merokok sedunia". Tujuannya adalah untuk mendesak para pencandu tembakau berpuasa merokok selama 24 jam pada 7 April 1988 tersebut. Kemudian di tahun 1988, Majelis Kesehatan Dunia mengesahkan 31 Mei sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia.

Kebiasaan merokok sebaiknya mulai dihilangkan. Karena, tanpa disadari, asap rokok yang berasal dari Anda bisa membahayakan orang-orang tercinta di sekitar Anda, seperti keluarga Anda sendiri. Para perokok pasif atau orang-orang yang terkena paparan asap rokok akan lebih cepat terkena berbagai jenis penyakit.

Menghirup asap rokok dapat berdampak buruk, baik untuk saat ini maupun dalam jangka panjang. Saat seseorang terkena paparan asap, gejala seperti mata merah, sakit kepala, dan batuk-batuk langsung timbul.

Faktanya, setiap asap rokok yang tersebar itu mengandung lebih dari 7.000 jenis bahan kimia. Bahkan, ratusan di antaranya telah terdeteksi berbahaya, seperti karbon monoksida dan amonia. Lebih dari 50 bahan kimia di antaranya dapat menyebabkan kanker, seperti arsenik, nikel, kadmium, dan formaldehida.

Di hari ini, dua tagar masuk dalam deretan Trending Topic di Twitter, yaitu #KerenTanpaRokok dan #HariTanpaTembakauSedunia. Kebanyakan dari mereka meminta atau mengimbau agar para perokok aktif tidak merokok di tempat umum karena asapnya dapat membunuh orang-orang di sekitarnya. Berikut beberapa pesan para pengguna Twitter:

Tak hanya itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bahkan membagikan nomor layanan konseling untuk upaya berhenti merokok.

Si Juki pun bagi-bagi info untuk dipikirkan kita semua.

Nah, mari Sahabat MerahPutih tantang diri sendiri untuk tidak merokok di hari ini. Jadikan tantangan ini sebagai motivasi bagi kebaikan diri Anda maupun orang-orang terkasih. Selamat Hari Tanpa Tembakau Sedunia!

Simak pula info lainnya seputar rokok di Cara Nasihati Anak agar Tidak Merokok dan Rokok Putih dan Kretek, Mana Lebih Aman?

#Hari Tanpa Tembakau #Rokok
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan