Menteri Thomas: Pertumbuhan Perdagangan Global Sangat Terpuruk

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 16 September 2015
Menteri Thomas: Pertumbuhan Perdagangan Global Sangat Terpuruk
Menteri Perdagangan Thomas Lembong usai serah terima jabatan di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (12/8). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

MerahPutih Bisnis - Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong mengatakan bahwa pertumbuhan perdagangan secara global tiga tahun berturut-turut jauh dibawah pertumbuhan ekonomi global. Padahal selama 30 tahun terakhir pertumbuhan  perdagangan secara global selalu diatas pertumbuhan ekonomi secara global.

"Pertumbuhan perdagangan global di bawah pertumbuhan ekonomi dunia. Jadi kalau kita lihat 30 thn terakhir pertumbuhan perdagangan global jauh atas pertumbuhan ekonomi global," tuturnya di Kantor Kementerian Perdagangan RI, Jalan M I Ridwan Rais, Jakarta Pusat, Rabu (16/9).

Thomas mengumpamakan jika pertumbuhan ekonomi global tumbuh sekitar 4 persen tapi pertumbuhan perdagangan global justru tumbuh 8-10 persen. Namun untuk kondisi 3 tahun terakhir ini sangat berbalik.

"Tapi sekarang terbalik dalam 3 tahun terakhir, 3 persen untuk prtumbuhan ekonomi global, tapi perdagangan global hanya 1-2 persen," sambung Thomas.

Thomas mengaku tidak mengetahui swcara pasti apa penyebab lambatnya pertumbuhan perdagangan global ini. Hanya saja Thom memprediksi salah satunya adalah karena tantangan global yang masih sangat berat.

Oleh sebab itu, Thomas mengajak semua pihak untuk bekerja dengan keras agar dapat mendorong ekspor dalam negeri dan merasionalisasikan impor.

"Tapi yang jelas kita akan kerja keras dan tegas utk implementasi semua kebijakan untuk mendorong ekspor dan merasionalisasi impor," tutupnya. (rfd)


Baca Juga:

  1. Menteri Susi Ingin Batasi Garam Impor Demi Petani Lokal
  2. Bandingkan dengan Garam Impor, Menteri Susi Uji Garam Lokal
  3. Rupiah Ditutup Terpuruk di Posisi Rp14.459 per Dollar AS
  4. Jadikan Jokowi Brand Ambassador, Thomas Lembong Ingin Tiru Korea
  5. Ekspor Ikan Melonjak Dalam 9 Bulan

 

#Kementerian Perdagangan #Thomas Limbong
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan