Makan Pakai Pola Ini, Hidup Jadi Lebih Panjang

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Selasa, 10 Januari 2023
Makan Pakai Pola Ini, Hidup Jadi Lebih Panjang

Studi dari jurnal JAMA Internal Medicine menunjukkan bahwa ada lebih dari satu cara untuk makan dengan baik dan mendapatkan manfaat kesehatan yang menyertainya. (Foto: Freepik/Freepik)

Ukuran text:
14
Dengarkan Berita:

SIAPA sangka bahwa pola makan dapat memperpanjang usia harapan hidup? Kuncinya hanya dengan mengonsumsi lebih banyak bahan pangan dari empat pola makan sehat.

CNN Health melaporkan bahwa orang yang lebih hati-hati mengikuti salah satu pola makan sehat, cenderung meninggal karena kanker, penyakit kardiovaskular, penyakit pernapasan, dan neurodegeneratif. Mereka biasanya terfokus pada mengonsumsi lebih banyak biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan polong-polongan.

Hasil studi jurnal JAMA Internal Medicine menunjukkan bahwa ada lebih dari satu pola makan yang baik dan manfaat kesehatan yang menyertainya.

Profesor nutrisi dan epidemiologi dan ketua departemen nutrisi di Harvard TH Chan School of Public Health, Dr. Frank Hu, menyatakan bahwa orang sering bosan dengan satu cara makan.

“Jadi ini kabar baik. Artinya, kita memiliki banyak fleksibilitas dalam hal menciptakan pola makan sehat kita sendiri yang dapat disesuaikan dengan preferensi makanan, kondisi kesehatan, dan budaya individu," ujar Hu.

Baca juga:

Cegah Osteoporosis Dimulai dari Pola Makan

pola makan
Pengurangan risiko kematian akibat penyakit kronis tertentu jika orang memperbaiki pola makannya dari waktu ke waktu. (Foto: Freepik/Rawpixels)

Maksudnya, jika kamu makan Mediterania yang sehat, dan setelah beberapa bulan ingin mencoba sesuatu yang berbeda, kamu dapat beralih ke diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) atau kamu dapat beralih ke diet semi-vegetarian. Kamu dapat mengikuti pedoman diet AS dan membuat menu makan sehat ala kamu sendiri.

Studi ini mengikuti kebiasaan makan 75.000 wanita yang berpartisipasi dalam Studi Kesehatan Perawat dan lebih dari 44.000 pria dalam Studi Tindak Lanjut Profesional Kesehatan selama 36 tahun.

Tidak ada laki-laki dan perempuan yang memiliki penyakit kardiovaskular pada awal penelitian, dan hanya sedikit yang perokok. Semua mengisi kuesioner makan setiap empat tahun.

“Ini adalah salah satu studi terbesar dan terlama untuk memeriksa pola diet yang direkomendasikan dan risiko jangka panjang kematian dini dan kematian akibat penyakit utama,” kata Hu.

Hu dan timnya meneliti seberapa dekat para responden mengikuti empat gaya makan sehat yang selaras dengan pedoman diet AS saat ini. Salah satunya diet Mediterania yang menekankan makan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, polong-polongan, ikan, dan minyak zaitun dalam jumlah tinggi.

Berikutnya adalah pola makan nabati yang sehat. Pola makan ini berfokus pada makan lebih banyak produk nabati dan memberi poin negatif untuk semua produk hewani dan alkohol apa pun.

“Itu bahkan menghambat pilihan yang relatif sehat, seperti ikan atau beberapa produk susu,” tambah Hu.

Indeks Makan Sehat melacak apakah orang mengikuti pedoman nutrisi dasar AS, yang menekankan makanan nabati yang sehat, tidak menyukai daging merah dan olahan dan mencegah makan tambahan gula, lemak tidak sehat, dan alkohol.

“Kami secara eksplisit memasukkan kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian dan konsumsi daging merah dan olahan serta minuman rendah gula. Dan mengkonsumsi alkohol dalam jumlah sedang masih diperbolehkan,” tambah Hu.

Baca juga:

Kenalkan Pola Makan Berbeda pada Anak sejak Dini

pola makan
Tidak ada kata terlambat untuk menerapkan pola makan yang sehat. (Foto: Pexels/Andres Ayrton)

Setelah pola makan setiap orang diberi skor, para peserta dibagi menjadi lima kelompok. Dari kepatuhan tertinggi hingga terendah terhadap satu atau lebih pola makan.

Studi ini juga menemukan pengurangan risiko kematian akibat penyakit kronis tertentu jika orang memperbaiki pola makannya dari waktu ke waktu.

Peserta yang meningkatkan pola makan mereka, sebesar 25% dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular dengan kisaran 6% hingga 13%, dan kematian akibat kanker sebesar 7% hingga 18%. Ada hingga 7% pengurangan risiko kematian akibat penyakit neurodegeneratif, seperti demensia.

“Pengurangan kematian akibat penyakit pernapasan sebenarnya jauh lebih besar, mengurangi risiko sebesar 35% hingga 46%,” jelas Hu.

Studi ini mengandalkan laporan diri peserta tentang preferensi makanan dan oleh karena itu hanya menunjukkan hubungan antara kebiasaan makan dan hasil kesehatan. Ini bukan hubungan sebab-akibat.

“Tidak ada kata terlambat untuk menerapkan pola makan yang sehat. Manfaat dari pola makan yang sehat dapat sangat besar dalam hal mengurangi total kematian dini dan berbagai penyebab kematian dini,” kata Hu.

Setiap orang memiliki banyak fleksibilitas dalam hal menciptakan pola makan sehat mereka sendiri. (dgs)

Baca juga:

Atasi Jetlag dengan Pola Makan

#Makanan
Bagikan
Ditulis Oleh

Hendaru Tri Hanggoro

Berkarier sebagai jurnalis sejak 2010 dan bertungkus-lumus dengan tema budaya populer, sejarah Indonesia, serta gaya hidup. Menekuni jurnalisme naratif, in-depth, dan feature. Menjadi narasumber di beberapa seminar kesejarahan dan pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan lembaga pemerintah dan swasta.

Berita Terkait

Lifestyle
Negara-Negara yang Menjadikan Ikan Sapu-Sapu Menu Tradisional
Namun, penting untuk dicatat bahwa keamanan konsumsi ikan sapu-sapu sangat bergantung pada habitatnya
Angga Yudha Pratama - Minggu, 19 April 2026
Negara-Negara yang Menjadikan Ikan Sapu-Sapu Menu Tradisional
Kuliner
Mudik Lewat Pansela? Jangan Lupa Nikmati Kuliner Khas Selatan Jawa yang Wajib Kamu Coba
Perjalanan mudik melalui Pansela semakin memikat hati masyarakat belakangan ini. Rute alternatif tersebut menyuguhkan panorama alam memukau sekaligus deretan destinasi santap legendaris tiap kota
Angga Yudha Pratama - Rabu, 18 Maret 2026
Mudik Lewat Pansela? Jangan Lupa Nikmati Kuliner Khas Selatan Jawa yang Wajib Kamu Coba
Fun
5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Berbuka Puasa, Nomor 1 Paling Sering Dikonsumsi
Jangan kalap saat berbuka puasa. Ini 5 makanan yang sebaiknya dihindari karena bisa picu asam lambung, kembung, hingga gangguan pencernaan.
Ananda Dimas Prasetya - Sabtu, 28 Februari 2026
5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Berbuka Puasa, Nomor 1 Paling Sering Dikonsumsi
Indonesia
Bapanas Bakal Bikin Aturan Pangan Masih Layak dan Aman Dikonsumsi Tidak Jadi Limbah
Penyelamatan pangan menjadi langkah mendesak di tengah masih tingginya pangan berlebih yang sebenarnya layak konsumsi.
Alwan Ridha Ramdani - Rabu, 18 Februari 2026
Bapanas Bakal Bikin Aturan Pangan Masih Layak dan Aman Dikonsumsi Tidak Jadi Limbah
Indonesia
Jatah MBG untuk Anak Tetap Ada Saat Libur, Boleh Diambil Bapak atau Emak Lho
BGN menepis tudingan bahwa kelanjutan program di masa libur hanya demi menghabiskan sisa anggaran tahun 2025 yang mencapai Rp71 triliun
Angga Yudha Pratama - Selasa, 23 Desember 2025
Jatah MBG untuk Anak Tetap Ada Saat Libur, Boleh Diambil Bapak atau Emak Lho
Indonesia
Dinkes Solo Lakukan Inspeksi Jelang Nataru, Temukan Makanan Kedaluwarsa di Pasar
Pelaku usaha diminta untuk tidak menjual produk terkait dan menarik produk terkait agar tidak dipajang di instalasi.
Dwi Astarini - Senin, 08 Desember 2025
Dinkes Solo Lakukan Inspeksi Jelang Nataru, Temukan Makanan Kedaluwarsa di Pasar
Fun
Babak Baru Restoran Latin: Pembagian Menu Lunch dan Dinner untuk Pengalaman Bersantap Lebih Fokus
CasaLena Jakarta memperkenalkan menu lunch dan dinner terbaru mulai 1 Desember 2025, menghadirkan pengalaman kuliner Latin American Grill yang lebih fokus dan premium.
Ananda Dimas Prasetya - Jumat, 28 November 2025
Babak Baru Restoran Latin: Pembagian Menu Lunch dan Dinner untuk Pengalaman Bersantap Lebih Fokus
Indonesia
Menkeu Purbaya Didesak Lindungi Produsen Food Tray Lokal dari Gempuran Produk Impor
Menteri Keuangan RI, Purbaya Yudhi Sadewa, didesak untuk melindungi food tray lokal dari gempuran produk impor.
Soffi Amira - Rabu, 12 November 2025
Menkeu Purbaya Didesak Lindungi Produsen Food Tray Lokal dari Gempuran Produk Impor
Indonesia
Viral Bakso Remaja Gading Solo Non-Halal, Begini Respons Pemilik Warung
Bakso Remaja Gading Solo ditutup oleh Satpol PP karena non-halal. Namun, hal itu masih menunggu hasil laboratorium.
Soffi Amira - Selasa, 04 November 2025
Viral Bakso Remaja Gading Solo Non-Halal, Begini Respons Pemilik Warung
Lifestyle
Resmi! Nasi Megono Kecombrang dan Lopis Krapyak Pekalongan Jadi Warisan Budaya Takbenda Nasional
Nasi Megono dari Kota Pekalongan memiliki cita rasa yang istimewa dan unik dibandingkan Megono dari daerah lain di sekitarnya
Angga Yudha Pratama - Selasa, 14 Oktober 2025
Resmi! Nasi Megono Kecombrang dan Lopis Krapyak Pekalongan Jadi Warisan Budaya Takbenda Nasional
Bagikan