Indonesia Terpilih Anggota Dewan Eksekutif Komisi Kelautan Antarbangsa

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 01 Juli 2017
Indonesia Terpilih Anggota Dewan Eksekutif Komisi Kelautan Antarbangsa
Ilustrasi. (Facebook/Intergovernmental Oceanographic Commission)

Indonesia berhasil memenangkan pemilihan anggota Dewan Eksekutif Komisi Kelautan Antarbangsa atau Intergovernmental Oceanographic Commission (IOC) UNESCO pada the 29th IOC UNESCO Assembly Meeting di Markas Besar UNESCO, Paris.

Posisi tersebut akan disandang Indonesia selama dua tahun (2017 sd 2019) bersama dengan Australia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Palau, Thailand, dan Tiongkok yang mewakili 44 negara di Asia Pasifik. Secara umum, pada pemilihan ini terpilih 40 negara sebagai Anggota Dewan Eksekutif IOC yang mewakili 148 negara anggota IOC.

Duta Besar/Dewatap RI untuk UNESCO TA Fauzi Soelaiman, Jumat (30/6) menyebutkan, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, posisi Indonesia sebagai Anggota Dewan Eksekutif akan membuka peluang yang semakin lebar dalam mewujudkan Poros Maritim Dunia.

Dikatakannya, upaya ini tidak terlepas dari perjuangan panjang dari sejak Informal Consultation Process (ICP) tentang The Effects of Climate Change on Oceans di PBB New York, Mei lalu. Kemudian diikuti dengan UN Ocean Conference di PBB New York awal Juni lalu. Pertemuan IOC Assembly ke 29 diadakan di Kantor Pusat UNESCO Paris tanggal 21 - 29 Juni.

Delegasi Indonesia yang diketuai kepala BMKG, dengan anggota terdiri dari perwakilan Kemenko Maritim, LIPI dan Kantor Delegasi Tetap RI di UNESCO, Paris. Assembly dibuka oleh Presiden IOC, Prof Peter M Haugan.

Direktur Jenderal UNESCO Mrs Irina Bukova dalam sambutannya merujuk pada kesuksesan United Nation Conference on the Ocean yang baru saja diselenggarakan di PBB, New York tanggal 5 - 9 Juni lalu.

Ia menyatakan keyakinannya bahwa kemitraan dalam the Decade of Oceans akan semakin mendorong pemahaman tentang laut dan manfaatnya yang lebih luas bagi kehidupan masyarakat.

Sumber: ANTARA

#UNESCO
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan