Terlibat Pungli, Tiga Oknum PNS Cirebon Terjaring OTT

Luhung SaptoLuhung Sapto - Kamis, 16 Februari 2017
Terlibat Pungli, Tiga Oknum PNS Cirebon Terjaring OTT
ilustrasi (foto Ist)

Tim Saber Pungli Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, kembali menangkap tiga orang pegawai negeri sipil (PNS) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon, satu pegawai honorer dan seorang kepala dusun, pada Selasa (14/2).

Kelima orang tersebut terdiri dari tiga perempuan dan dua laki-laki ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) Tim Saber Pungli yang dibantu Satreskrim Polres Cirebon.

"Para pelaku kita tangkap sekitar jam 12.00 WIB sampai 15.30 WIB di kantor Disdukcapil Kabupaten Cirebon," ungkap Kapolres Cirebon, AKBP Risto Samodra di Cirebon, Rabu (15/2).

Menurut Risto, para pelaku diamankan karena diduga telah melakukan pungli kepada warga yang akan mengurus akta kelahiran dan akta kematian.

"Modusnya para pelaku menerima uang pungli diduga untuk mempercepat proses pembuatan akta lahir dan kematian" papar Risto.

Dari tangan para pelaku pungli,Tim Saber Pungli berhasil mengamankan barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp900 ribu dan berkas pembuatan akta kelahiran dan akta kematian.

"Dari pelaku S (PNS) barang bukti yang diamankan satu buah HP Samsung, uang tunai Rp400.000, tiga buah buku nikah dan tujuh berkas permohonan akta lahir," sebut Risto.

Kemudian dari pelaku NAR (PNS) barang bukti yang diamankan uang tunai berjumlah Rp300 ribu, enam berkas pembuatan akta kelahiran.

Sementara dari tangan AS (PNS) diamankan uang tunai Rp200 ribu dan tiga berkas permohonan akta kelahiran.

Sedangkan untuk EV pegawai honorer di Disdukcapil, Tim Saber Pungli mengamankan satu KTP sementara, satu berkas akta lahir dan satu HP Samsung warna putih.

"Dari TD, oknum Kepala Dusun Desa Tangkil, Kecamatan Susukan barang bukti yang disita berupa berkas akta lahir," kata Risto.

Artikel ini berdasarkan liputan Mauritz, kontributor atau reporter merahputih.com yang bertugas di wilayah Cirebon dan sekitarnya. Untuk mengikuti artikel lainnya, baca juga: Dua Pelaku Begal Tewas Dihajar Massa di Jalur Pantura

#Pungli #Tim Saber Pungli #Cirebon #PNS
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan