Pelaku Penembakan di Daan Mogot dan Karawaci Gunakan Senjata Rakitan

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Rabu, 14 Juni 2017
Pelaku Penembakan di Daan Mogot dan Karawaci Gunakan Senjata Rakitan
Ilustrasi polisi sita senjata api rakitan. (MP/Bartolomeus Papu)

Mabes Polri mengidentifikasi senjata api yang digunakan pelaku penembakan di Daan Mogot dan Karawaci adalah senjata rakitan.

"Dari perkenaannya kepada korban, hasil autopsi terkena kelenjar lunak. Seharusnya dari jarak sekian kalau itu pabrikan itu bisa tembus," kata Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Rikwanto di Lapangan Bhayangkara, Rabu (14/6).

Untuk menekan penggunaan dan produksi senjata api, khususnya senjata api rakitan, pihak kepolisian melakukan razia senjata api dan bahan peledak (sendak).

Selain itu, pihak kepolisian juga terus menelusuri pabrik-pabrik pembuatan senjata api rakitan usai penggerebekan pabrik pembuat senjata api rakitan di Kawasan Sumatera dan Cipacing, Jawa Barat.

"Kita duga ini ada generasi baru yang memang dapat pesanan kembali," ucap Rikwanto.

Rikwanto mengakui, bahwa wilayah Sumatera khususnya di bagian selatan sangat marak pabrik pembuat senjata api rakitan. Pabrik-pabrik itu, tak memiliki izin pembuatan senjata.

"Itu liar. Itu kenakalan-kenakalan karena dia punya kemampuan otodidak," ucap Rikwanto.

Sebelumnya, 2 penembakan dalam waktu kurang dari sepekan terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Pertama, penembakan terhadap Davidson Tantono (31) yang membuatnya meregang nyawa setelah sebutir peluru bersarang di kepala. Selain nyawa, uang Rp350 juta Davidson yang baru saja diambilnya ikut diambil pelaku. Peristiwa tragis itu terjadi pada Jumat (9/6).

Berselang dua hari, tepatnya pada minggu (11/6) aksi 'koboy jalan' kembali terjadi. Kali ini, korbannya adalah seorang wanita bernama Italia Chandra Kirana Putri (23). Italia tewas setelah sebutir peluru bersarang di dada.

Italia ditembak setelah memergoki dua orang sedang berupaya mengambil kendaraan milik keluarganya. (Ayp)

Baca berita terkait senpi rakitan di: Jual-Beli Senpi Ilegal, Oknum Mantan Anggota TNI Diciduk

#Senjata Api #Mabes Polri #Polda Metro Jaya
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan