Carica, Oleh-Oleh Khas Dieng

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Senin, 16 Januari 2017
Carica, Oleh-Oleh Khas Dieng
Oleh oleh khas Dieng, Carica (MP/Mauritz)

Dieng, merupakan salah satu kawasan wisata terkenal yang ada di Kabupaten Wonosobo, di Jawa Tengah. Selain dikenal dengan keindahan pemandangannya, Kawasan Dataran Tinggi Dieng juga tersohor dengan hasil pertaniannya. Salah satunya, Carica yang merupakan tanaman endemis dataran tinggi Dieng.

Tampilan buah Carica sepintas menyerupai pepaya. Namun, memiliki tekstur yang lebih kenyal. Carica sangat enak dijadikan sebagai manisan dan bahan campuran minuman.

Berbagai varian olahan Carica pun menjadi oleh-oleh khas Dieng. Dari mulai keripik Carica, manisan Carica dan sirup Carica. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 15 ribu saja.

Oleh oleh khas Dieng, Carica (MP/Mauritz)
Oleh oleh khas Dieng, Carica (MP/Mauritz)

"Keripik Carica harganya cuma Rp 15 ribu untuk satu kantong yang isinya 200 gram. Mau beli yang isinya lebih banyak juga ada. Ini jadi oleh-oleh khas Dieng," ujar salah seorang pemilik toko oleh-oleh khas Dieng, Mulyanto.

Sementara, untuk manisan dan sirup Carica ada berbagai pilihan merk yang ditawarkan. Harganya juga mulai dari Rp 15 ribu untuk satu kemasan yang berisi enam cup sirup Carica.

"Sengaja beli banyak buat oleh-oleh di rumah. Harganya juga murah dan ada banyak pilihan sesuai kantong kita," kata Imam, salah seorang wisatawan asal Cirebon yang sedang berwisata ke Dieng. (Mauritz).

#Wisata Dieng #Wisata Indonesia #Pariwisata Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan