Stabilkan Harga Bahan Pokok, Mendag Bahas dengan Menteri Terkait

Luhung SaptoLuhung Sapto - Senin, 23 Mei 2016
Stabilkan Harga Bahan Pokok, Mendag Bahas dengan Menteri Terkait
Menteri Perdagangan Thomas Lembong. (Foto: MP/Restu Fadilah)

MerahPutih Bisnis - Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong menyatakan menjelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri terjadi kenaikan harga-harga pangan di sejumlah daerah. Hingga saat ini dirinya masih menunggu keputusan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok.

"Hingga saat ini kami masih menunggu kabar dari Pak Menko untuk membicarakan ini dalam rapat Kordinasi. Nantinya akan dibahas secara bersama dengan Menko Perekonomian, Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan dan Menteri BUMN," ujar Lembong saat ditemui di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Senin (23/5).

Lembong menambahkan pihak belum bisa memberikan keputusan untuk menstabilkan harga kebutuhan bahan pokok sebab hal itu masih akan dibahas dalam rapat kordinasi dengan menteri-menteri terkait.

"Ya pasti akan membicarakan ini di dalam rapat koordinasi yang melibatkan semua instansi. Kita perlu strategi menyeluruh dan menyamakan persepsi dalam menstabilkan harga kebutuhan pokok," tuturnya.

Seperti diketahui, di sejumlah daerah harga kebutuhan pangan melonjak, di antaranya di Kota Medan, Sumatera Utara pada pekan ini sejumlah produk mengalami kenaikan yang cukup signifikan di antaranya bawang merah dari sebelumnya Rp25.000/kg menjadi Rp45.000/kg, cabai merah dari Rp20.000 menjadi Rp35.000/kg, gula putih dari Rp13.000 menjadi Rp15.000/kg, dan ayam boiler dari Rp19.000 menjadi Rp26/kg.

Hal serupa juga terjadi di Pekanbaru, Riau yakni harga kebutuhan bahan pokok mengalami kenaikan berkisar Rp2.000 sampai dengan Rp3.000 per kg menjelang Ramadan.

Kebutuhan pokok yang naik seperti cabai yang mengalami kenaikan harga rata-rata Rp2.000 sampai Rp3.000 per kilogram, bawang merah dijual Rp12.000 jika dibeli dari agen namun dijual di tingkat eceran berkisar Rp16.000 per kilogram.

Selanjutnya, harga cabai merah Rp15.000, harga daging ayam potong per kilogram Rp25.000 dan kenaikan harga lainnya seperti beras, minyak, telor dan lain-lain.

Harga cabai rawit merah masih tinggi di Pasar Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten mencapai Rp50.000 per kg dibanding harga pada pekan lalu Rp40.000 per kg akibat melonjaknya permintaan konsumen. (Abi)

BACA JUGA: 

  1. Harga Kebutuhan Pokok Di Pasar Blok A Relatif Stabil
  2. Di Depok Harga Daging Sapi Rp110 Ribu per Kilogram
  3. Jelang Ramadan, Harga Sembako Makin Meroket
  4. Jelang Puasa Ramadhan, Harga Sejumlah Komoditas di Pasar Induk Masih Stabil
  5. Pemerintah Ingin Harga Bawang Merah Dipatok Rp25.000 per Kg
#Kementerian Perdagangan #Thomas Lembong #Puasa #Harga Kebutuhan Pokok #Kenaikan Harga-Harga
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan