Polda Maluku Pantau Aktivitas HTI

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Sabtu, 10 Juni 2017
Polda Maluku Pantau Aktivitas HTI
Juru Bicara HTI Ismail Yusanto (tengah) memberikan keterangan pers terkait pembubaran ormas HTI di kantor HTI, Tebet, Jakarta, Senin (8/5). (MP/Dery Ridwansah)

Kepolisian Daerah (Polda) Maluku tetap melakukan pemantauan terhadap setiap aktivitas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang akan dibubarkan pemerintah.

"Polda tetap melakukan pemantauan, meskipun gaungnya tidak terlalu terasa di Maluku," kata Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Richard Tatuh di Ambon, Sabtu (10/6).

Pemantauan aparat kepolisian dimaksudkan untuk mengantisipasi dampak buruk dari pembubaran atau pembekuan kegiatan organisasi tersebut.

Menurut dia, imbasnya tentu terkait persoalan kamtibmas sehingga tanggung jawab polisi adalah menjaga keamanan dan ketenteraman masyarakat.

Selain memantau aktivitas HTI, Polda Maluku juga meningkatkan kewaspadaan terhadap warga Indonesia yang diduga menggabungkan diri dengan ISIS atau kelompok Maute di Filipina yang sementara diperangi militer negara itu.

"Karena secara geografis, wilayah Filipina selatan berdekatan dengan Sulawesi Utara dan Maluku Utara dan jalurnya bisa masuk ke Maluku," kata Richard.

Sehingga Polda Maluku Utara sendiri telah menangkap 25 orang WNI yang diduga mengikuti jaringan teroris sebagai langkah antisipasi.

"Polda juga telah meningkatkan kewaspadaan dan memperketat pengamanan di wilayah-wilayah perbatasan, dan masyarakat diharapkan segera melaporkan kalau melihat adanya orang yang mencurigakan," tandasnya.

Sumber: ANTARA

#Maluku #HTI #ISIS
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan