Nilai Rupiah Menguat Jadi Rp13.484

Luhung SaptoLuhung Sapto - Senin, 03 Agustus 2015
Nilai Rupiah Menguat Jadi Rp13.484
ilustrasi Rupiah terhadap dolar AS (foto Antara)

MerahPutih, Keuangan-Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin (3/8) pagi bergerak menguat sebesar 46 poin menjadi Rp13.484 dibandingkan posisi sebelumnya di posisi Rp13.530 per dolar AS.

Menurut Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta, mayoritas data ekonomi Amerika Serikat yang diumumkan pada akhir pekan lalu gagal mempertahankan harapan kenaikan suku bunga the Fed sehingga mendorong dolar AS mengalami pelemahan. 

Di sisi lain, lanjut dia, dimulainya kembali pembicaraan dana talangan lanjutan untuk Yunani juga membangkitkan optimisme di pasar global sehingga mengurangi permintaan aset dolar AS.

"Estimasi pasar sebelumnya terhadap kenaikan suku bunga the Fed cukup tinggi pasca produk domestik bruto (PDB) Amerika Serikat pada kuartal dua tumbuh. Namun, sentimen itu tertutupi oleh data ekonomi AS lainnya yang masih melemah," katanya di Jakarta, Senin (3/8) seperti dinukil Antara.

Dikemukakan, sentimen konsumen Amerika Serikat pada Juli turun 93,1 dari 96,1 pada bulan sebelumnya, jauh di bawah konsensus pasar sebesar 94,1. (Luh)

#Rupiah
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan