Mendag Pastikan Harga Daging Sapi Terkendali

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 09 Juni 2017
Mendag Pastikan Harga Daging Sapi Terkendali
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengabarkan bahwa harga daging sapi yang pada tahun-tahun sebelumnya kerap terjadi lonjakan, namun kini sangat terkendali.

“Daging sapi, daging yang biasanya terjadi lonjakan, itu sangat terkendali,” kata Enggartiasto kepada wartawan di Gelaran Pasar Murah, Jakarta, Jumat (8/6).

Untuk meredam 'panasnya' gejolak harga daging sapi, Mendag telah menyediakan stok daging sapi beku yang harganya telah ditetapkan sekitar Rp80.000 per kilogram (kg).

“Oleh karena itu, kami siapkan daging beku. Kami siapkan dengan harga yang ditetapkan maksimum yakni Rp80.000,” ucapnya.

Selain itu, Enggar juga menegaskan bahwa daging sapi beku itu lebih sehat dan higienis.

Sebelumnya, harga daging sapi sempat mengalami pelonjakan harga, seperti yang terjadi di Palembang, yakni mencapai Rp130.000 per kg. Namun, hal tersebut bukan sasaran dari pemerintah, pemerintah fokus dengan daging 'rakyat'.

"Apa yang terjadi sekarang, daging sapi beku itu (merupakan solusi). Dan daging segar jenis tertentu (juga terkendali). Namun, bukan harga daging premium. Daging sapi, 'kan terbagi-bagi lagi, ada paha luar dan paha dalam. Jadi, secara keseluruhan semuanya terkendali,” tandasnya.

Pada awal Ramadan, Kemendag melalui perintah penugasan kepada Bulog, telah melepas dua ton daging beku impor asal India ke pasaran melalui mitra yakni Rumah Pangan Kita (RPK), Rumah Tani Indonesia, dan agen di pasar-pasar.

Di daerah Sumatera Selatan, Kepala Bulog Sumsel Babel, Bakhtiar AS mengatakan bahwa dua hari lalu sudah didatangkan lagi dua ton daging kerbau asal India dan dua ton daging sapi asal Australia.

"Untuk daging kerbau, sudah habis. Untuk daging sapi saat ini masih ada di gudang Bulog Palembang yang rencananya akan dilepas melalui operasi pasar dan melalui mitra," kata Bakhtiar.

Sumber: ANTARA

#Menteri Perdagangan #Harga Daging Sapi
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan