Media Arab Soroti Band Metal Berhijab dari Garut

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 31 Mei 2017
Media Arab Soroti Band Metal Berhijab dari Garut
Voice of Baceprot saat manggung. (Screenshot FB/Al Jazeera English)

Media internasional dari Arab Al Jazeera menyoroti band musik metal beranggotan perempuan berhijab dari Garut, Jawa Barat. Media yang belakangan mengangkat sosok "pahlawan kebersihan" dari Bandung ini menyebut bahwa mereka mengubah stereotip mengenai perempuan muslim berhijab.

Band metal ini bernama Voice of Baceprot. Didirikan pada tahun 2014. Beranggotakan tiga remaja yang semuanya mengenakan kerudung atau hijab. Mereka adalah Firdda Kurnia, Widi Rahmawati, dan Euis Siti Aisyah.

"Saya tetap berkarya, tetapi tidak mengurangi kewajiban saya sebagai wanita," kata Firdda Kurnia, sang vokalis.

Baceprot merupakan bahasa Sunda untuk "berisik". Voice of Baceprot berarti suara yang berisik. Baceprot juga cerewet dalam bahasa Indonesia, kata yang biasa dilekatkan kepada seorang perempuan.

Al Jazeera mengangkat tentang band metal ini melalui sebuah video singkat yang diunggal ke media sosial Facebook. Ketiga anggota terlihat sedang membawakan lagu keras di sebuah sekolah. Beberapa rekan mereka yang mengenakan seragam tampak meloncat-loncat mengikuti dentuman musik keras mereka.

Video ini setidaknya telah dilihat lebih dari 100 ribu tayangan dan dibagikan ratusan kali. Banyak netizen mengapresiasi band ini. Tidak hanya soal apakah mereka berhijab atau tidak. Tetapi, apa yang mereka lakukan dalam berkesenian patut diberikan acungan jempol.

"Musik ditemukan dalam setiap budaya di mana pun. Musik adalah cara lain untuk berbicara dan menyampaikan pesan dengan rasa," kata Roy, ia mengomentari video tersebut.

Namun, ada juga yang berkomentar bahwa apa yang mereka lakukan tidak patut untuk seorang perempuan muslim. "Tetapi mereka mengatakan tidak ada yang dapat menghentikan mereka untuk nge-rock."

Baca juga berita lainnya di: Stephanie Kurlow, Balerina Profesional Berhijab Pertama Di Dunia

#Metal #Hijab Rock N Roll #Garut
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan