Manfaat dan Dampak Konsumsi Telor Asin

KaptenKapten - Minggu, 25 Juni 2017
Manfaat dan Dampak Konsumsi Telor Asin
Konsumsi telor asin sangat baik untuk kesehatan, namun bahaya jika berlebih. (Foto: wordpress/sabatmuh)

Pasti Anda telah akrab mendengar makanan bernama telur asin. Ya, dinamakan telur asin karena telur ini sudah dibersihkan dan direndam dalan larutan air garam selama berhari-hari, umunnya dalam 12 hari. Saat proses pengasinan pada telur asin membuat berbagai unsur vitamin mudah terserah oleh tubuh.

Seperti yang kita tahu, telur asin mengandung bermacam vitamin dan mineral seperti vitamin A dan C, zat besi, fosfor dan kalsium. Telur asin juga mengandung 137 kalori, 165 mg potasium, 1,08 karbohidrat, 9,51 protein, 656 mg kolesterol, dan 10,23 gr lemak.

Keunggulan telur asin dengan telur biasa adalah protein dalam telur asin bukan lagi protein biasa, namun sudah berubah menjadi asam amino karena proses pengasinan. Asam amino sangat penting fungsinya, karena sebagai penyusun protein. Selain itu banyak khasiat yang akan Anda dapat dari kandungan kalsium dan zat besi.

Meski demikian mengkonsumsi telur asin secara berlebih juga akan membahayakan diri Anda. Mengkonsumsi sebutir telur asin dalam sehari dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, melebihi jumlah kolesterol yang direkomendasikan, yakni 300 mg. Anda bisa mendapat 300-600 kolesterol dalam tubuh Anda, bahkan lebih, tergantung pada proses pembuatannya.

Perhatikan jumlah sodium yang masuk dalam tubuh Anda, jangan sampai melebih batas yang direkomendasikan, 2000 mg atau 5 gr dalam sehari. Jika Anda hendak mengkonsumsi telor asin, kurangin kadar sodium pada makanan lain, karena kadar sodium dalam telur asin bisa memenuhi sampai 30% sodium yang Anda butuhkan dalam sehari.

Baca juga berita terkait: Telur Berdiri di Hari Twan Yang

#Telur #Ahli Gizi #Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Kapten

Kapten Merah Putih
Bagikan