Komnas HAM: Rekonsiliasi Alumni 212-Pemerintah Cegah Potensi Konflik

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 09 Juni 2017
Komnas HAM: Rekonsiliasi Alumni 212-Pemerintah Cegah Potensi Konflik
Komisioner Komnas HAM Siane Indriani. (MP/Ponco Sulaksono)

Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) meminta pemerintah melakukan rekonsiliasi dengan Presidium Alumni 212 untuk mencegah potensi konflik akibat kriminalisasi ulama.

"Sebelum kami mengeluarkan sebuah rekomendasi, maka kami ingin mengungkapkan perlunya kita harus memadamkan semua potensi-potensi konflik yang akan terjadi," kata Komisioner Komnas HAM Siane Indriani di kantor Kemenpolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (9/6).

Ia menjelaskan, berdasarkan laporan dari alumni 212 kepada Komnas HAM, ada sejumlah hal yang mereka anggap sebagai tindakan diskriminatif dan terkesan dipaksaan untuk memproses hukum sejumlah ulama dan aktivis.

"Walaupun kita tidak mau mencampuri, tetapi memang ada beberapa hal yang mereka ingin sampaikan, bahwa kami juga menyampaikan bahwa kalau tidak diatasi dengan segera, kita khawatir ke depannya terjadi konflik," ucapnya.

Menurut Siane, pemerintah harus segera melakukan rekonsiliasi dengan sejumlah korban kriminalisasi untuk mencegah konflik tersebut. Ia menilai, harus ada penyelesaian politis dan restoratif justice.

"Itu yang dipentingkan daripada sekedar hukum, yang kemudian malah membuat mereka merasa ada diskriminasi dalam hal itu. Mereka menganggap kok ini diskriminatif ungkapnya," tandasnya.

Siane menilai, apabila persoalan ini berlarut-larut, ada kesan bahwa pemerintahan Presiden Joko Widodo anti terhadap umat Islam. Oleh karena itu, ia meminta pihak kepolisian untuk mengambil langkah diskresi untuk menyelesaikan persoalan ini.

"Jadi kita minta ada semacam kebijakan, politik kebijakan yang mengutamakan keutuhan negara daripada terus menerus membuat rasa dendam yang baru. Terutama ini kaitannya dengan semakin ke depan ini mereka akan mendata kembali korban-korban yang di daerah-daerah lain," pungkasnya. (Pon)

Baca juga berita lain terkait rekonsiliasi Presidium Alumni 212-Pemerintah dalam artikel: Komnas HAM: Presidium Alumni 212 Ingin Rekonsiliasi Dengan Pemerintah

#Presidium Alumni 212 #Kriminalisasi Ulama #Komnas HAM
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan