Keren, Drone BPPT Terbang 7 Jam Nonstop

Rina GarminaRina Garmina - Senin, 22 Mei 2017
Keren, Drone BPPT Terbang 7 Jam Nonstop
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sukses menerbangkan drone buatan mereka selama 7 jam nonstop, pada Minggu (21/5), di Pangandaran, Jawa Barat. (Foto: Pixabay)

Drone merupakan salah satu tren perangkat teknologi yang booming tahun ini. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi atau BPPT melihat tren tersebut sebagai peluang. Mereka pun turut memproduksi drone yang dinamakan Alap-Alap PA4.

Pesawat tanpa awak buatan BPPT telah diuji pada Minggu (21/5) di Pangandaran, Jawa Barat. Ternyata, performanya tak kalah dengan drone buatan luar negeri. Drone karya anak bangsa ini sukses terbang tanpa henti selama 7 jam.

"Gimbal (rumah kamera) yang dibawa drone dapat memonitor visual dari udara secara daring," ujar Kepala Program Drone BPPT Joko Purwono.

Dalam misi tes ketahanan, Alap-alap PA4 mampu menjalankan misi pemetaan dan pengawasan udara seluas 750 Hektare. Drone ini dapat melakukan pemetaan pada lokasi sejauh 50-80 Kilometer dengan kemampuan pemetaan lebih dari 2.600 Hektare per jam. Resolusi yang dihasilkan adalah 12cm/pixel.

Melihat kemampuannya, Alap-Alap PA4 dapat digunakan untuk membantu pengawasan kawasan hutan.

# Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi #Drone
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan