ICW Sebut Polisi Lamban Ungkap Kasus Novel

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Selasa, 23 Mei 2017
ICW Sebut Polisi Lamban Ungkap Kasus Novel
Koordinator Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan Indonesia Corruption Watch (ICW), Tama S Langkun. (MP/Ponco Sulaksono)

Indonesian Corruption Watch (ICW) menyebut bahwa pihak kepolisian lamban mengungkap kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan.

Karena itu, ICW mendesak Presiden untuk segera membentuk tim gabungan agar menuntaskan kasus tersebut.

Koordinator Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan Indonesia Corruption Watch (ICW), Tama S Langkun mengatakan bahwa perkara ini sudah berlangsung lebih dari 40 hari, namun belum ada titik terang mengenai pelaku teror terhadap Novel.

"Maka dari itu, kita sebenernya sangat mengharapkan ada tim gabungan dibentuk antara Kepolisian dengan KPK, juga melibatkan masyarakat," kata Tama, saat ditemui merahputih.com di Kantor KontraS, Senin (22/5).

Tama menuturkan, pemerintah juga berkewajiban untuk melindungi para agen-agen pemberantasan korupsi. Oleh karena itu, ia meminta pemerintah turun tangan agar kasus ini menjadi terang berderang.

"Kita mengharapkan, Presiden menerbitkan Kepres atau aturan-aturan teknis lainnya, yang berhubungan dengan tim gabungan yang dibentuk," tuturnya.

Menurut Tama, penyerangan terhadap Novel Baswedan bukan penyerangan terhadap individu penyidik senior KPK itu. Namun, penyerangan terhadap KPK dan gerakan pemberantasan korupsi.

"Kalau kemudian hari ini dibiarkan, maka pihak-pihak yang merasa terganggu karena pekerjaan pemberantasan korupsi itu bisa gunakan cara yang sama," tukasnya.

Peneliti ICW ini khawatir, apabila kasus yang menimpa Novel ini tidak segera dituntaskan, maka kejadian serupa akan berulang dikemudian hari.

"Kalau kemudian penyerangan ini dibiarkan, maka kedepan akan terus berulang. Ini harus segera dihentikan Pemerintah juga harus terlibat, KPK dan Kepolisian harus bekerja keras menuntaskan kasus ini," tegasnya.

"Karena kalau dibiarkan maka akan ada Novel-Novel selanjutnya," tandasnya. (Pon)

Baca berita terkait kasus penyerangan Novel lainnya di: Polisi Kantongi Identitas Penyiram Novel Baswedan

#Novel Baswedan #KPK #ICW
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan