Ulil Abshar Nilai Ahok Tidak Menistakan Agama

Eddy FloEddy Flo - Sabtu, 18 Februari 2017
Ulil Abshar Nilai Ahok Tidak Menistakan Agama
Ulil Abshar (kedua dari kiri) (MP/Fredy Wansyah)

Ulil Abshar Abdala menilai calon gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau biasa disapa Ahok tidak salah dalam dugaan penistaan agama. Menurutnya, Ahok hanya tidak paham konteks.

"Menurut saya, sebagai intelektual, Ahok tidak salah, tidak menista agama. Kesalahan dia, tidak sensitif melihat konteks sosial. Pak Ahok ini bukan orang yang tenggang rasa. Tidak tahu maqomnya, tidak tahu halnya," kata anggota Partai Demokrat ini, dalam seminar nasional "Negara Beragama atau Agama Bernegara" di IAIN Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (18/2).

Ulil yang juga politisi Parta Demokrat menjelaskan, seharusnya Ahok tidak menyatakan hal yang sensitif di tengah konteks masyarakat Jakarta. Menurut Ulil Abshar Abdalla, Jakarta tidak hanya dihuni sekelompok masyarakat Islam tertentu saja. Apalagi, situasinya menjelang pemilihan umum kepala daerah.

Dalam seminar yang diadakan mahasiswa IAIN tersebut, hadir pula Husein Muhammad dan Muhammad Al Fayyadl sebagai pembicara. Ketiganya membahas ihwal relasi negara dan agama di Indonesia dalam konteks kekinian.

Seperti diketahui, Ahok kini jadi terdakwa kasus dugaan penistaan agama terkait pidatonya di Kepualuan Seribu.

Ahok diduga menghina agama Islam dan Ulama karena menyinggung soal Surat Al Maidah 51.

Saat ini, sidang dugaan penistaan agama Ahok telah memasuki sidang ke-10. Senin (13/2) lalu, agenda sidang mendengarkan saksi Jaksa Penuntut Umum.

Berita ini ditulis berdasarkan liputan Fredy Wansyah, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

#Ulil Abshar Abdalla #Sidang Ahok # Penistaan Agama #Al Maidah 51
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan