Kesehatan

Susu Tinggi Lemak Bagus untuk Kesehatan Jantung?

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 14 September 2018
Susu Tinggi Lemak Bagus untuk Kesehatan Jantung?

Susu tinggi lemak bagus untuk kesehatan jantung (Foto: Pixabay/Couleur)

Ukuran text:
14
Dengarkan Berita:

ANGGAPAN banyak orang mengonsumsi susu rendah lemak lebih baik dibandingkan susu yang berlemak. Namun, sepertinya anggapan tersebut salah. Menurut sebuah penelitian terbaru justru susu tinggi lemak dapat membantu membuat jantung kamu lebih sehat. Demikian dikutip dari laman Independent.

Para peneliti dari Universitas McMaster di Kanada melakukan penelitian terhadap 136.384 orang berusia antara 35 hingga 70 tahun dari 21 negara. Penelitian tersebut diterbitkan dalam jurnal The Lancet.

Para peserta diteliti selama sembilan tahun. Asupan susu mereka setiap harinya juga dicatat. Mereka dibagi menjadi empat kategori terpisah. Yaitu yang tidak mengonsumsi susu sama sekali, mereka yang mengonsumsi susu kurang dari satu porsi dalam sehari, mereka yang memiliki satu atau dua porsi sehari dan peserta yang mengonsumsi lebih dari dua susu sertiap harinya.

Konsumsi susu lebih dari tiga porsi setiap harinya mengurangi risiko penyakit jantung (Foto: Pexels/Pixabay)

Selain itu, jenis susu yang mereka konsumsi juga masuk dalam kategori terpisah, susu tinggi lemak dan rendah lemak. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi tiga porsi susu per hari memiliki tingkat kematian yang lebih rendah. Mereka juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular atau stroke dibandingkan mereka yang sama sekali tidak mengonsumsi susu.

Mengejutkannya, mereka yang mengonsumsi susu berlemak lebih dari tiga porsi setiap harinya hanya memiliki kemungkinan kecil terkena penyakit jantung. Sementara ada kemungkinan lebih besar terkena penyakit jantung bagi peserta yang memiliki asupan susu kurang dari setengah porsi setiap harinya.

Penulis utama studi ini Dr Mahshid Dehghan mengungkapkan mengapa kebanyakan orang menganggap susu tinggi lemak tidak menyehatkan. Memang, susu tinggi lemak memiliki lemak jenuh yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, terdapat banyak kandungan lain yang dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung pada susu tinggi lemak.

Susu dan yogurt lebih baik dibandingkan turunan susu seperti keju dan mentega (Foto: Pexels/Tabitha Mort)

Produk susu mengandung banyak komponen lain semisal asam amino, vitamin K, kalsium, magnesium yang memiliki probiotik. Sehingga kandungan-kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung. "Kita tidak boleh fokus hanya pada satu nutrisi," ujarnya.

Lebih lanjut, menurut para peneliti, konsumsi susu dan yogurt secara teratur memiliki dampak yang lebih besar pada kematian dan kesejahteraan secara keseluruhan. Dibandingkan mengonsumsi turunan susu seperti mentega dan keju yang sudah memiliki kandungan lain.

Namun, penelitian tersebut menyatakan bahwa konsumsi susu di negara berpenghasilan rendah atau menengah lebih memiliki dampak baik bai kesehatan jantung. Dibandingkan negara-negara di Eropa dan Amerika Utara yang sepertinya lebih sering mengonsumsi susu dengan porsi berlebihan. Intinya, konsumsi susu harus ada takarannya, jangan berlebihan. Dalam hal ini nampaknya tiga porsi susu setiap harinya sudah lebih dari cukup. (ikh)

Baca juga: Tangani Diabetes dengan Sarapan Susu

#Susu
Google
Tambahkan Merahputih.com Sebagai Sumber Utama di Google untuk Dapatkan Berita Eksklusif.
Tambahkan Sekarang
Bagikan

Berita Terkait

Indonesia
Diresmikan Mentan Amran, Peternakan Sapi Perah Terbesar Dapat Suntikan Investasi Rp 1,2 Triliun
Jawa Tengah mampu menjadi salah satu lumbung susu nasional dengan kontribusi sekitar 20 persen terhadap kebutuhan nasional.
Alwan Ridha Ramdani - Selasa, 21 Juli 2026
Diresmikan Mentan Amran, Peternakan Sapi Perah Terbesar Dapat Suntikan Investasi Rp 1,2 Triliun
Indonesia
Program MBG Butuh 4,8 Miliar Kemasan Susu Ukuran 115 dan 125 Mililiter, 3 Perusahaan Tingkatkan Produksi
Saat ini, terdapat sebanyak 96 tempat pengumpulan susu dari sembilan koperasi yang telah masuk dalam program digitalisasi pemerintah.
Alwan Ridha Ramdani - Selasa, 02 Juni 2026
Program MBG Butuh 4,8 Miliar Kemasan Susu Ukuran 115 dan 125 Mililiter, 3 Perusahaan Tingkatkan Produksi
Indonesia
80 Persen Susu Indonesia Ternyata Impor, DPR RI Desak Kementan Susun Aksi Nyata Sekarang Juga
Panggah mendesak kementerian terkait segera merumuskan langkah konkret yang lebih fokus dan terukur untuk menyelamatkan industri susu nasional
Angga Yudha Pratama - Jumat, 10 April 2026
80 Persen Susu Indonesia Ternyata Impor, DPR RI Desak Kementan Susun Aksi Nyata Sekarang Juga
Indonesia
Viral Video Susu MBG Gratis Dijual di Minimarket, Begini Penjelasan Kepala BGN
Senada dengan Dadan, Wakil Kepala BGN Nanik Sudaryati Deyang memastikan bahwa negara tidak berperan sebagai produsen susu kemasan
Angga Yudha Pratama - Kamis, 02 April 2026
Viral Video Susu MBG Gratis Dijual di Minimarket, Begini Penjelasan Kepala BGN
Indonesia
Diduga Mengandung Toksin, BPOM Minta Nestle Tarik Susu Formula Bayi S-26 Promil Gold
BPOM meminta Nestle untuk menarik susu formula bayi S-26 Promil Gold pHPro 1 dari peredaran. Hal itu dikarenakan adanya dugaan pencemaran toksin.
Soffi Amira - Kamis, 15 Januari 2026
Diduga Mengandung Toksin, BPOM Minta Nestle Tarik Susu Formula Bayi S-26 Promil Gold
Indonesia
Indonesia Ekspor Produk Olahan Susu ke Malaysia dan Filipina, Nilainya Capai Rp 1,7 M
Mendag berharap Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan Uni Eropa (Indonesia-EU CEPA) dapat mendorong penetrasi produk susu Indonesia ke wilayah Eropa.
Dwi Astarini - Rabu, 01 Oktober 2025
Indonesia Ekspor Produk Olahan Susu ke Malaysia dan Filipina, Nilainya Capai Rp 1,7 M
Indonesia
Susu Lokal Wajib 20 Persen di Program Makan Bergizi Gratis, Peternak Sapi Lokal Siap-Siap Kebanjiran Order
Program ini menyasar tiga kelompok penerima utama
Angga Yudha Pratama - Selasa, 10 Juni 2025
Susu Lokal Wajib 20 Persen di Program Makan Bergizi Gratis, Peternak Sapi Lokal Siap-Siap Kebanjiran Order
Fun
Kolaborasi Susu dan Dunia Olahraga Gaungkan Gaya Hidup Sehat Jelang World Milk Day 2025
RANS Simba Basketball berkolaborasi dengan KINS Dairy sambut World Milk Day 2025.
Ananda Dimas Prasetya - Selasa, 27 Mei 2025
Kolaborasi Susu dan Dunia Olahraga Gaungkan Gaya Hidup Sehat Jelang World Milk Day 2025
Kuliner
Menikmati Susu dalam Dessert Cimory Eat Milk
Membawa konsep 'susu yang bisa dimakan.
Dwi Astarini - Jumat, 09 Mei 2025
Menikmati Susu dalam Dessert Cimory Eat Milk
Foto Essay
Menilik KPBS Pangalengan Koperasi Peternak Sapi Perah yang Kian Modern
Pekerja menunjukkan produk susu kemasan di KPBS Pengalengan, Sabtu (18/2/2025).
Didik Setiawan - Selasa, 18 Februari 2025
Menilik KPBS Pangalengan Koperasi Peternak Sapi Perah yang Kian Modern
Bagikan