Presiden Jokowi Utamakan Pembangunan Kereta Api

Fredy WansyahFredy Wansyah - Senin, 13 Juli 2015
Presiden Jokowi Utamakan Pembangunan Kereta Api
Menteri Rini berbincang dengan Menteri Basuki Hadi Muljono, Dirut PT Adhi Karya, serta Menhub Jonan sebelum mengikuti rapat terbatas membahas transportasi massal DKI Jakarta, Senin (13/7). (Antara)

MerahPutih Nasional - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pembangunan kereta api jangan sampai ditunda-tunda lagi. Dia meminta pembangunan kereta api diprioritaskan di tengah moda transportasi lainnya.

Jokowi mencontohkan pembangunan Mass Rapid Transport (MRT) di Jakarta. Rencana pembangunan telah dimulai sejak 26 tahun yang lalu. Namun, karena lambat dalam keputusan, pembangunannya mengalami kendala.

“Sekarang ini saya kira pemerintah Provinsi DKI juga sangat merasakan betapa mahalnya untuk pembelian atau pembebasan lahan. Oleh sebab itu, di kota-kota besar, baik antar kota, kereta api merupakan moda tranportasi yang efisien yang ada, yang murah, karena itu harus diprioritaskan pembangunannya,” kata Jokowi dalam rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, Senin (13/7), seperti disitat laman resmi Setkab.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menegaskan perlunya pembentukan otoritas transportasi darat. Menurutnya, otoritas itu dapat menyinergikan semua moda transportasi darat, terutama di DKI Jakarta.

Rapat terbatas tentang transportasi massal itu dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, Kepala Staf Presiden Luhut Pandjaitan, Kepala Bappenas Andrinov Chaniago, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala BKPM Frank Sibarani, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, Dirut PT Adi Karya, dan Dirut PT Jakarta Propertindo. (fre)

Baca Juga:

Presiden Buka Situs Pengaduan meski Pengguna Internet Hanya 29%

Salah Tulis Singkatan BIN, Setneg Coreng Citra Presiden Jokowi

Cakra Khan: Transportasi Umum Jakarta Memprihatinkan

#Transportasi Massal #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Fredy Wansyah

Bagikan