Lagi, Intimidasi Terhadap Jurnalis Terjadi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 24 April 2016
Lagi, Intimidasi Terhadap Jurnalis Terjadi
Ilustrasi protes intimidasi terhadap jurnalis

MerahPutih Nasional- Intimidasi terhadap jurnalis masih ada dan terus terjadi. Di Bandung, Jawa Barat seorang Jurnalis media cetak mendapat perlakuan kasar dan terkesan mengintimidasi profesi yang sedang dijalankan tersebut.

Bambang Prasetyo, seorang Fotografer salah satu media cetak di Bandung, diintimidasi oleh aparat Brimob saat meliput kerusuhan di Lapas Banceuy, Sabtu (23/4).

Ia dipaksa aparat Brimob untuk menghapus hasil jepretannya saat mengabadikan situasi kerusuhan dalam Lapas. Berdasarkan keterangan pria yang akrab disapa Ibenk, peristiwa bermula saat ia masuk kedalam lapas bersama rombongan pengamanan dari satuan Brimob.

Di dalam lapas ia sempat mengabadikan sejumlah fakta hasil jepretan di lorong-lorong Lapas, diantaranya sejumlah narapidana yang tergeletak dan mengalami luka.

Saat hendak keluar lapas, ada polisi yang memerintahkan agar Ibenk ditahan. Beberapa petugas polisi lantas menarik Ibenk dan berusaha merebut kameranya.

"Saya berusaha bertahan. Mereka mau ambil dan hapus foto saya, saya bilang, kalau mau dihapus di luar saja, karena di luar saya tahu ada rekan-rekan wartawan yang lain," tutur Ibenk melalui siaran pers yang diterima, Minggu (24/4).

Namun, polisi tidak mengizinkannya untuk keluar. Akhirnya dia membiarkan polisi menghapus foto-foto kejadian di dalam lapas hasil jepretannya.

Yang lebih memprihatinkan lagi, seorang polisi kemudian memotret kartu pers dan wajah Ibenk, sembari mengancam. "Kalau foto-foto ada yang tersebar, saya cari kamu," ungkap Ibenk.

Peristiwa itu dikuatkan dengan kesaksian rekan korban dari media massa lain, Prima Mulia. Prima yang juga ada di lokasi kejadian mengungkapkan mendapati wajah rekannya sesama jurnalis itu tampak panik dan agak shock saat keluar dari dalam lapas. Ternyata, diketahui Ibenk dipaksa menghapus hasil jepretannya oleh polisi.

BACA JUGA:

  1. Relawan Sosial, Jurnalis dan Akademisi Menggagas Ekpedisi Pesisir Banten
  2. Mengenal Adinegoro, Peletak Dasar Jurnalistik Nasional
  3. Publikasikan Berita Keliru, Jurnalis Mesir Ditangkap
  4. LDKS SMA Al-Khairiyah Jabarkan Sejarah Jurnalistik Versi Islam
  5. Banyak Siswa Berminat Pelajari Dunia Jurnalistik

 

 

# Kerusuhan Di Lapas Banceuy #Bandung #Tindak Kekerasan #Jurnalis
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan