Jalur Tol Bitung-Cikupa Tangerang Menjadi 4 Lajur

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Jumat, 24 Februari 2017
Jalur Tol Bitung-Cikupa Tangerang Menjadi 4 Lajur
Gerbang Tol Cikupa pasca penambahan lajur. (FOTO Dok.PT MMS)

Untuk memenuhi kebutuhan, karena semakin padatnya jalur lalu lintas di jalur tol Cikupa-Butung Tangerang, PT Marga Mandala Sakti (MMS) melakukan penambahan lajur. Semula jalur ini hanya 3 lajur kini akan ditambah menjadi 4 lajur.

PT MMS mencatat, hingga 2017 ini tingkat volume kendaraan yang melintas di jalur tol Cikupa-Bitung dan sebaliknya naik sekitar 80 persen. Hal ini disebabkan karena wilayah Bitung, Cikupa dan sekitarnya merupakan kawasan industri. Selain itu juga karena semakin banyaknya kawasan hunian yang dibangun oleh para pengembang di wilayah tersebut.

Hal ini juga yang menjadikan PT MMS harus segera melakukan penambahan lajur di jalur tol tersebut. Karena, seiring dengan pertumbuhan itu, volume kendaraan yang melintas di jalur ini juga semakin bertambah.

Direktur Teknik dan Operasi MMS Sunarto Sastrowiyoto menjelaskan, penambahan lajur jalan tol ini dilakukan mulai KM 26+400 hingga Cikupa KM 31+500 dan sebaliknya. MMS juga menargetkan, penambahan lajur sepanjang 5,4 kilometer ini akan selesai akhir Desember 2017.

Sunarto juga mengungkapkan, penambahan jalur, dari 3 menjadi 4 lajur ini, pihaknya juga sudah mendapat persetujuan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

“Pekerjaan ini tidak akan mengganggu pengguna jalan tol yang melintas, karena menggunakan bahu dalam jalan dan median sehingga 3 lajur yang tersedia masih bisa dilalui. Kami tetap menghimbau kepada pengguna jalan untuk tetap berhati-hati dan sedikit mengurangi kecepatan pada area pekerjaan,” kata Sunarto Sastrowiyoto, Jumat (24/2).

Proyek pembangunan 1 lajur baru ini, PT MMS bekerjasama dengan PT Jaya Kontruksi dan PT Pembangunan Perumahan Tbk. Selain penambahan lajur dari 3 menjadi 4 lajur, PT MMS juga melakukan pengerjaan pembuatan Jembatan Bitung dan penyempurnaan off/on ramp Cikupa.

#Tarif Jalan Tol #PT Jasa Marga #Program Tol Laut
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan