Gus Joy Saksi Sidang Ahok Pernah Berafiliasi ke AHY

Luhung SaptoLuhung Sapto - Selasa, 03 Januari 2017
Gus Joy Saksi Sidang Ahok Pernah Berafiliasi ke AHY
Barracuda mengamankan sidang Ahok di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jakarta, Selasa (13/12). (MerahPutih/Dery Ridwansah)

MerahPutih Indonesia - Gus Joy Setiawan, didatangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebagai saksi pelapor dalam sidang perkara penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Gus Joy merupakan pendukung pasangan calon Cagub-Cawagub nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni.

"Karena saya fokus dengan kasus ini (penisataan agama atas terdakwa Ahok), jadi saya tutup komunikasi tersebut," kata Gus Joy seperti dilansir Antara News di Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (3/1).

Dalam persidangan, tim kuasa hukum Ahok menyatakan bahwa sesuai dengan video dari Youtube yang dipublikasikan pada 30 September 2016, diketahui saksi Gus Joy mendeklarasikan dukungan kepada Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni.

Saksi Gus Joy kemudian diketahui sebagai Koordinator Koalisi Advokat Rakyat yang mendukung pasangan tersebut. Selanjutnya diketahui bahwa Gus Joy melaporkan Ahok ke Bareskrim Polri atas kasus dugaan penistaan agama pada 7 Oktober 2016.

Atas dasar itu, tim kuasa hukum Ahok merasa pesimis Gus Joy bisa memberikan kesaksiannya secara objektif.

"(Saya) yakin masih bisa objektif dan sangat objektif karena ini menyangkut agama yang saya anut," ucap Gus Joy.

Dalam sidang lanjutan Ahok hari ini beragendakan pemeriksaan enam saksi dari pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) antara lain Habib Novel Chaidir Hasan, Gus Joy Setiawan, Muh Burhanuddin, Muchsin alias Habib Muchsin Alatas, Syamsu Hilal, dan Nandi Naksabandi.

Namun, dua orang batal hadir dalam persidangkan kali ini, Muh Burhanuddin berhalangan hadir dikarenakan sakit sementara Nandi Naksabandi dikabarkan sudah meninggal dunia pada 7 Desember 2016 lalu.

#Agus Harimurti Yudhoyono #Sidang Ahok # Penistaan Agama
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan