Bikin Resah Warga, Netizen Serukan "Yogyakarta Darurat Klitih"

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Kamis, 15 Desember 2016
Bikin Resah Warga, Netizen Serukan
Ilustrasi Geng Motor (MerahPutih/Alfi Rahmadhani)

MerahPutih Berita Tekno - Netizen meramaikan seruan "Yogyakarta Darurat Klitih". Hal ini terkait adanya peristiwa pembacokan siswa SMA Muhhamdiyah 1 Yogyakarta, Senin (12/12), di Jalan Imogiri, Panggang, Bantul, DI Yogyakarta.

Netizen berharap penegak hukum segera memberantas aksi para remaja yang termasuk dalam klitih. Pasalnya, tidak kali ini saja, beberapa kasus serupa terjadi dalam rentang waktu beberapa pekan belakangan ini.

Klitih merupakan istilah Jawa yang biasa digunakan di lingkungan masyarakat Yogyakarta. Kata klitih biasa digunakan untuk menyebut perbuatan jalan-jalan tanpa jelas juntrungannya pada malam hari. Kata ini kemudian kini digunakan untuk menyebut geng motor para remaja yang kerap beraksi di malam hari.

"Jogja Darurat "KLITIH"! #SAVEJOGJA," tulis pengguna akun twitter @wahyu_ardianto, seperti dikutip Kamis (15/12).

Senada dengan Wahyu, pengguna twitter lainnya juga menyatakan bahwa Yogyakarta darurat klitih. "Jogja ki pancen darurat klitih og," tulis akun @diyansetyaji.

Seruan ini juga mendapat perhatian dari netizen luar Yogyakarta. Berdasarkan pantauan merahputih.com, di media sosial facebook, grup remaja Yogyakarta ramai membicarakan maraknya aksi klitih hingga menelan korban jiwa. Seperti diutarakan pengguna facebook Dimas Elia Pranata berikut.

"Menanggapi kasus klitih di jogja, sebelum ada korban selanjutnya. Saya bukan orang jogja, saya orang salatiga, tapi saya tidak terima kalau jogja jadi tidak nyaman seperti sekarang ini. Ayo yang siap jadi relawan antiklitih, saya siap otw jogja buat jogja nyaman aman," tulis Dimas Elia.

Seperti diketahui, salah satu dari tujuh korban pembacokan klitih di Bantul, Senin lalu, meninggal dunia pada Selasa (13/12). Korban meninggal diketahui menderita luka bacok di bagian punggung.

Kasatreskrim Polres Bantul AKP Anggaito Hadi Prabowo, Selasa (13/12) sore, menjelaskan lima remaja yang diduga sebagai pelaku telah diamankan. Kelimanya merupakan pelajar kelas XI di SMA swasta di Yogyakarta.

Sehari setelah kasus tersebut, terjadi kekerasan antar remaja kembali di Sleman. Aksi pemukulan terjadi di Pakem, Sleman, DI Yogyakarta. (Fre)

BACA JUGA:

  1. Yogyakarta Akan Kirim 3 Wakil Finalis Miss Internet 2017 ke Bali
  2. Berburu Endog Abang yang Khas di Sekatenan Yogyakarta
  3. Sego Gurih, Kuliner Khas Sekaten Yogyakarta
  4. Festival Koreografi Pencak Silat di Yogyakarta
  5. Berswafoto di Jembatan Sayidan Yogyakarta
#Geng Motor #Yogyakarta #Tindak Kriminal
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan