Benteng Marlborough Jadi Pusat Objek Wisata Bengkulu

Yohannes AbimanyuYohannes Abimanyu - Kamis, 29 Juni 2017
Benteng Marlborough Jadi Pusat Objek Wisata Bengkulu
Benteng Marlborough di Bengkulu, dibuka pada H+1 Lebaran 2017. (Instagram/@dian3490)

Sebanyak 4.000 orang tercatat mengunjungi objek wisata bersejarah Benteng Marlborough di Bengkulu sejak dibuka pada H+1 Lebaran 2017.

"Pengunjung mencapai 4.000 orang dalam tiga hari, sebagian besar warga dari luar kota," kata Kepala Seksi Pemasaran dan Pemanfaatan Objek Wisata dan Aset Daerah Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu di objek wisata itu, Rabu (28/6).

Ia mengatakan, cagar budaya benteng bersejarah yang dibangun Kolonial Inggris di Bengkulu pada tahun 1.700 tersebut dibuka sejak pukul 09.00 WIB dengan karcis masuk sebesar Rp5.000 untuk orang dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak.

Para pengunjung didominasi warga dari sejumlah kabupaten di Provinsi Bengkulu yang mengisi libur Lebaran dengan mengunjungi objek wisata dalam Kota Bengkulu.

Di benteng ini pengunjung dapat menikmati paronama pesisir Pantai Tapak Paderi, selain menyaksikan bangunan benteng yang masih asli.

Pengunjung juga dapat menambah wawasan tentang sejarah pembangunan benteng tersebut dan perlawanan masyarakat Bengkulu terhadap pendudukan kolonial.

"Benteng wajib dikunjungi kalau berwisata ke Bengkulu, karena sudah jadi simbol Bengkulu," kata Lensi Susanti, pengunjung asal Desa Napal Putih, Kabupaten Bengkulu Utara.

Benteng Marlborough didirikan oleh East India Company (EIC) pada 1713-1719 di bawah pimpinan gubernur Joseph Callet sebagai benteng pertahanan Inggris.

Konon, benteng ini merupakan benteng terkuat Inggris di wilayah Timur setelah benteng St George di Madras, India Benteng ini didirikan di atas bukit buatan, menghadap ke arah Kota Bengkulu dan memunggungi Samudera Hindia di tepi Pantai Tapak Paderi.

Sumber: ANTARA

#Libur Lebaran #Lebaran 2017 #Bengkulu
Bagikan
Ditulis Oleh

Yohannes Abimanyu

Wonderful Indonesia, Pesona Indonesia dan pesona gw adalah satu
Bagikan