6 Tips Mudik dengan Mobil

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 21 Juni 2017
6 Tips Mudik dengan Mobil
Salah satu hal penting yang perlu Anda perhatkan sebelum mudik adalah kondisi ban mobil Anda (Foto:Gettyimages)

Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Sahabat MerahPutih sudah siap-siap pulang ke kampung halaman? Sebelum mudik, Anda harus mempersiapkan mobil Anda terlebih dahulu. Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan, berikut ulasannya.

1. Cek ban mobil

Ban mobil merupakan bagian terpenting saat Anda bepergian jauh. Jika ban mobil Anda sudah tidak layak, tentu jalannya kendaraan tidak akan maksimal. Kondisi ban mobil di bawah 50% sebaiknya diganti dengan baru. Perhatikan juga kondisi tekanan ban mobil Anda. Jika tekanan ban kurang dari 20% dari yang disarankan, maka penggunaan bahan bakar akan 10% lebih boros.

2. Cek oli mesin

Anda akan menempuh jarak yang jauh saat mudik nanti. Perhatikan oli mesin sebelum Anda bepergian. Biasanya oli mesin diganti setiap jarak 5.000 km. Lebih baik Anda ganti oli mesin dahulu jika sudah hampir mencapai jarak tempuh 5.000 km, daripada nanti Anda harus mencari bengkel di perjalanan.

3. Cek busi mobil

Busi juga menjadi bagian penting pada mobil, yang berfungsi sebagai sistem pembakaran bensin. Cek umur busi Anda, jika sudah menempuh jarak 20.000 km, lebih baik Anda menggantinya dengan yang baru, agar sistem pembakaran dapat maksimal.

4. Gunakan AC dengan bijak

Anda perlu perhatikan penggunaan air conditioner (AC). Matikan AC mobil ketika tidak diperlukan, misalnya Anda sedang di daerah dingin. Hal ini untuk mengurangi kinerja mesin. Sementara itu, Anda juga perlu menjaga kendaraan dari udara yang menambah beban mesin, seperti menutup jendela untuk mengurangi hambatan udara atau angin kencang yang masuk. Pada situasi ini Anda tentu perlu AC.

5. Jangan melebihi kapasitas

Anda harus memperhatikan kapasitas mobil dengan jumlah anggota keluarga Anda. Jangan melebihi kapasitas agar mobil tidak terlalu berat ketika dikendarai yang menyebabkan bahan bakar terkuras. Lebih lanjut, perhatikan barang bawaan Anda juga, jangan terlalu melebihi bobot. Jangan memaksakan menggunakan mobil kecil jika beban yang akan Anda bawa besar.

6. Cek kondisi rem

Anda perlu "awas" akan hal ini. Jangan malas untuk cek rem mobil agar Anda tidak mengalami kecelakaan. Perhatikan kondisi oli rem mobil Anda. Jika sudah 2 tahun, Anda perlu menggantinya agar kinerja rem lebih maksimal.

Itulah 6 tips mudik menggunakan mobil. Agar kondisi kendaraan lebih siap, Anda tidak boleh malas menyempatkan waktu ke bengkel untuk memeriksa kondisi kendaraan secara keseluruhan. Jangan lupa persiapkan stamina Anda juga, karena Anda akan menempuh jarak yang jauh.

Baca juga artikel mengenai 4 Promo Ramadan, dari Wahana hingga Tol.
#Mudik #Mudik Lebaran #Tips Liburan #Tips Merawat Mobil
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan