Ternyata Ngemil Punya Manfaat, Lho!

 Irene Gianov Irene Gianov - Kamis, 04 Mei 2017
Ternyata Ngemil Punya Manfaat, Lho!
Mengonsumsi camilan ternyata punya beberapa manfaat bagi tubuh Anda (Foto: resveralife.com)

Banyak asumsi yang mengatakan bahwa mengemil harus dihindari, alasan utamanya tentu karena bisa menambah berat badan dan kurang sehat. Namun, sebenarnya hal itu tergantung dari jenis dan jumlah camilan yang Anda makan. Lepas dari itu, tahukah Anda bahwa mengemil pun memiliki manfaat? Berikut beberapa di antaranya.

1. Menambah energi

(Foto: scoopnest.com)

Dengan pilihan camilan yang sehat dan bergizi, tentunya camilan juga bisa menjadi energi bagi tubuh Anda. Mengemil akan membantu tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan sepanjang hari, seperti vitamin dan mineral. Pilihlah camilan seperti buah, sayur, atau pun kacang-kacangan; jangan yang terlalu banyak minyak dan lemak seperti junk food.

2. Mengontrol berat badan

(Foto: Huffington Post)

Mungkin Anda heran dan berkata, "Bukannya mengemil justru bikin gemuk?" Sebenarnya, ketika Anda makan dengan porsi kecil secara rutin, metabolisme tubuh akan bekerja secara konsisten. Tapi jika Anda melewatkan waktu makan, metabolisme tubuh melambat, sehingga lemak yang terbakar lebih sedikit. Ketika makan lagi, tubuh Anda tidak membakar kalori seefektif sebelumnya. Camilan seperti 'bensin' untuk tubuh kita, yang akan menahan keinginan makan banyak dan 'kalap'. Mengemil juga menstabilkan gula darah sehingga lebih bugar.

3. Mencegah kelaparan

Business Circle

Perut harus rutin diisi, karena ada atau tidaknya makanan dalam perut, organ pencernaan akan tetap bekerja. Anda dapat tahu saat terdengar bunyi 'keroncongan' dari dalam perut. Anda bisa 'mengakali' perut Anda dengan mengonsumsi camilan, sehingga setidaknya perut tetap terisi.

4. Mengefektifkan waktu istirahat

Caption

Saat beristirahat, Anda disarankan untuk memanjakan seluruh panca indra agar tubuh relaks dan stres hilang. Salah satu cara alternatifnya adalah menonton TV sambil mengemil. Tapi tetap ingat untuk mengatur porsi dan pilihan camilannya ya!

Baca juga artikel kesehatan lainnya: Tiga Manfaat Buah Ini Sangat Baik untuk Kesehatan.

#Camilan #Tips
Bagikan
Ditulis Oleh

Irene Gianov

Love Indonesia
Bagikan