Tari Ndolalak Ramaikan Panggung Budaya Bhineka Tunggal Ika

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Senin, 19 Desember 2016
Tari Ndolalak Ramaikan Panggung Budaya Bhineka Tunggal Ika
Tari ndolalak dari Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. (Foto: MerahPutih/Widi Hatmoko)

MerahPutih Budaya - Tari ndolalak dari Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah ikut memeriahkan panggung budaya Bhineka Tinggal Ika Indonesia Satu, oleh Paguyuban Seni Budaya Jawa (PSBJ), di Lapangan Balaraja, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Minggu (18/12).

Panitia Panggung Bhineka Tunggal Ika Indonesia Satu PSBJ Edi Sunarto, menjelaskan, selain sebagai ajang silaturahmi untuk menjalin persatuan dan kesatuan antar paguyuban, kegiatan ini juga sebagai ajang promosi potensi seni budaya yang ada di Banten, khususnya Kabupaten Tangerang.

http://server10.merahpoetih.com/gallery/public/2016/12/18/KQ0TdvypBh1482062617.jpg

"Ndolalak ini merupakan salah satu seni tari tradisional yang berkembang subur di Kabupaten Tangerang. Tari ndolalak sendiri berasal dari Kabupaten Purworejo Jawa Tengah," ujar Edi Sunarto kepada merahputih.com.

Poniran, dari Sanggar New Tresno Budoyo menambahkan, seni tari ndolalak ini digagas oleh paguyuban masyarakat urban dari daerah Purworejo. Namun seiring perkembangan waktu, kata Poniran, tarian yang dimainkan oleh para wanita cantik tersebut saat ini tidak hanya dimainkan oleh orang-orang dari Purworejo. Tapi sudah dimainkan oleh masyarakat multi etnik yang ada di Kabupaten Tangerang.

"Meskipun ini tarian tradisional dari daerah Purworejo, tapi sekarang sudah dimainkan oleh masyarakat dari daerah mana saja yang ada di Tangerang. Ada yang dari Lampung, dari Purworejo sendiri, bahkan masyarakat Tangerang juga ikut ambil bagian, jadi penari," katanya. (Widi)

BACA JUGA:

  1. Meski Sibuk Syuting, Karina Salim Tak Akan Tinggalkan Tari Balet
  2. Mengungkap Gambang Keromong sebagai Musik Pengiring Tari Cokek
  3. Mengenal Sejarah Perkembangan Tari Cokek
  4. Mengenal Literasi Tari Cokek di Tangerang
  5. Sejarah Tari Kretek, Representasi Buruh Rokok di Kabupaten Kudus
#Kota Tangerang #Tari Tradisional #Tari Ndolalak
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan