Syarat Utama Jadi Tim Rescue

Fadhli Fadhli - Selasa, 06 Januari 2015
Syarat Utama Jadi Tim Rescue

MerahPutih Nasional - Tertarik melakoni pekerjaan di bidang kemanusiaan? Menjadi tim penyelamat Badan SAR Nasional (Basarnas) mungkin dapat menjadi pilihan.

Namun, jangan harap anda bisa bergabung dalam tim penyelamat bila anda mempunyai phobia. Pasalnya, seorang penyelamat selain dituntut harus sehat fisiknya, juga tidak boleh phobia terhadap apa pun.

"Kemampuan di bidang, lebih ke fisik seperti lari, push up. Tidak phobia," ujar Abram B. Kolimon, Kepala Bidang Urusan Dalam dan Keamanan Basarnas, saat ditemui di kantor Basarnas, Jakarta, Selasa (6/1).

Abram melanjutkan, seorang penyelamat diharuskan mempunyai kemampuan renang sejauh 50 meter untuk tes awal. Selain itu, kemampuan akadamik juga harus dimiliki seorang penyelamat. "Gaji rescue sama dengan gaji PNS. Sesuai golongan," kata dia.

Dia menambahkan, saat ini tim rescue di seluruh Indonesia hanya ada 1.900 orang. Jumlah tersebut dinilai kurang, "Sekantor idealnya 36 orang rescue atau 3 regu. Ada 36 kantor SAR dengan satu kantor Basarnas," pungkasnya. (cnd)

#Basarnas #Rescue
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan