Sering Makan Ikan Dapat Memperpanjang Umur?

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Selasa, 30 Oktober 2018
Sering Makan Ikan Dapat Memperpanjang Umur?

Sering makan ikan dipercaya dapat memperpanjang umur (Foto: pixabay/wow_pho)

Ukuran text:
14
Dengarkan Berita:

MENGONSUMSI ikan dipercaya sangat baik untuk jantung dan otak. Jadi tak mengherankan jika bahan makanan hewani yang satu ini dapat memperpanjang umur seseorang yang mengonsumsinya.

Sebuah peneliti dari Harvard School of Public Health and University of Washington memutuskan untuk mengeksplorasi apa saja manfaat minyak ikan untuk jantung yang berarti dapat memperpanjang rentang hidup lebih lama. Demikian dilansir laman Time.

Para peneliti mengumpulkan data selama 16 tahun pada 2.700 orang dewasa sehat ketika mereka berusia 65 tahun ke atas yang tak mengonsumsi suplemen minyak ikan. Para responden itu berpartisipasi dalam studi kesekahatan kardiovaskular jangka panjang dari National Heart, Lung, and Blood Institute.

Ikan miliki banyak manfaat untuk kesehatan. (Foto: Pixabay/RitaE)

Selama sekitar 16 tahun, para peserta menjalani pemeriksaan fisik, mengambil tes diagnostik, menyerahkan sampel darah, dan menjawab kuesioner tentang kesehatan, gaya hidup serta riwayat medis mereka.

Dari sampel darah, para peneliti mengisolasi asam docosahexaenoic (DHA), asal eicosapentaenoic (EPA) serta asam docosampentaenoic (DPA), asam lemak sehat yang ditemukan dalam minyak ikan. Zat itu berfungsi sebagai proksu untuk berapa banyak ikan yang dimakan peserta.

Dalam laporan Annals of Internal Medicine, peneliti menemukan mereka yang memiliki tingkat lebih tinggi dari ketiga asam lemak menunjukkan risiko kematian akibat penyakit jantung 35% lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka dengan tingkat lemak yang lebih rendah dalam darah mereka.

Kandungan yang terdapat dalam ikan dapat menurukan risiko serangan jantung.(Foto: pixabay/marioclassico)

Sementara itu, DHA sendiri dikaitkan dengan risiko 40% lebih rendah dari kematian penyakit jantung koroner. Penyakit tersebut disebabkan penumpukan plak secara bertahap di dalam dinding pembuluh jantung yang dapat menyebabkan gagal jantung serta denyut jantung yang tak teratur

EPA dikaitkan dengan risiko serangan jantung yang lebih rendah. Adapun DPA dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah akibat stroke. Peneliti memperhitungkan tak hanya penyakit jantung, tapi juga penyebab kematian lainnya. Mereka yang memiliki tingkat tertinggi ketiga asal lemak 27% lebih kecil kemungkinannya meninggal selama masa studi. Mereka rata-rata lebih dua tahun ketimbang mereka yang paling rendah tingkatnya.

Kendati para peneliti mengatakan sedikit diketahui tentang bagaimana ikan memengaruhi umur panjang, hasil penelitian tersebut menyatakan betapa bermanfaatnya asam lemak Omega-3 yang terkandung pada ikan. (Ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Ini Alasan Mengapa Ada Pembatasan Cairan yang Boleh Dibawa Ke Pesawat

#Tips Kesehatan #Kuliner
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special

Berita Terkait

Dunia
Perang di Iran Bikin Camilan Tampil Hitam Putih
Langkah ini menjadi contoh terbaru bagaimana barang kebutuhan sehari-hari terdampak setelah Iran secara efektif menutup Selat Hormuz.
Dwi Astarini - Rabu, 13 Mei 2026
  Perang di Iran Bikin Camilan Tampil Hitam Putih
Kuliner
Sate Lalat, Kuliner Unik Madura yang Bisa Jadi Inspirasi Olahan Daging Kurban
Sate lalat khas Madura bisa jadi inspirasi olahan daging kurban saat Idul Adha. Simak asal-usul nama, cara membuat, dan sejarah kuliner legendaris ini.
Ananda Dimas Prasetya - Rabu, 13 Mei 2026
Sate Lalat, Kuliner Unik Madura yang Bisa Jadi Inspirasi Olahan Daging Kurban
Kuliner
Hennessy MyWay 2026 Buka Peluang Mixologist Indonesia Tampil di Panggung Global
Hennessy MyWay merupakan platform yang menantang para bartender mendefinisikan ulang seni meracik koktail melalui keberlanjutan, storytelling, dan pengalaman berbasis ritual.
Dwi Astarini - Selasa, 12 Mei 2026
Hennessy MyWay 2026 Buka Peluang Mixologist Indonesia Tampil di Panggung Global
Kuliner
Sake dari Luar Angkasa Terjual Rp 11 Miliar, Kemasannya cuma 100 Mililiter
Dassai bekerja sama dengan Mitsubishi Heavy Industries untuk melakukan fermentasi bahan sake di angkasa luar.
Dwi Astarini - Rabu, 06 Mei 2026
Sake dari Luar Angkasa Terjual Rp 11 Miliar, Kemasannya cuma 100 Mililiter
Fun
The Coach Coffee Shop x Fleur by Raja Hadirkan Pengalaman Salt Bread Eksploratif
Kolaborasi The Coach Coffee Shop dan Fleur by Raja hadirkan Fleur de New York. Nikmati salt bread unik dan kopi spesial di Jakarta.
Ananda Dimas Prasetya - Minggu, 26 April 2026
The Coach Coffee Shop x Fleur by Raja Hadirkan Pengalaman Salt Bread Eksploratif
Indonesia
Bank Jakarta XPORIA 2026 Diserbu Pengunjung, Promo hingga Cashback Jadi Daya Tarik
Bank Jakarta XPORIA 2026 digelar hingga 23 April 2026. Event ini disebut pengunjung, yang memanfaatkan promo hingga cashback.
Soffi Amira - Selasa, 21 April 2026
Bank Jakarta XPORIA 2026 Diserbu Pengunjung, Promo hingga Cashback Jadi Daya Tarik
Indonesia
Bank Jakarta Gelar XPORIA 2026, Dongkrak Ekonomi dan Hadirkan Experience Space di Balai Kota
Bank Jakarta XPORIA 2026 resmi digelar. Acara ini berlangsung di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat.
Soffi Amira - Senin, 20 April 2026
Bank Jakarta Gelar XPORIA 2026, Dongkrak Ekonomi dan Hadirkan Experience Space di Balai Kota
Kuliner
Ladies, Nikmati Promo Spesial untuk Rayakan Semangat Kartini
Promo ini berlangsung mulai dari 20 sampai 23 April 2026.
Dwi Astarini - Senin, 20 April 2026
Ladies, Nikmati Promo Spesial untuk Rayakan Semangat Kartini
Travel
‘Peta untuk Pengemis’, Jalan Ninja Warga Korea Cari Makanan Murah di Tengah Kenaikan Harga akibat Perang di Iran
Geojimap, peta lokasi makanan murah, menjadi jalan ninja warga Korea Selatan untuk bisa makan di luar dengan harga hemat.
Dwi Astarini - Jumat, 03 April 2026
‘Peta untuk Pengemis’, Jalan Ninja Warga Korea Cari Makanan Murah di Tengah Kenaikan Harga akibat Perang di Iran
Kuliner
Mudik Lewat Pansela? Jangan Lupa Nikmati Kuliner Khas Selatan Jawa yang Wajib Kamu Coba
Perjalanan mudik melalui Pansela semakin memikat hati masyarakat belakangan ini. Rute alternatif tersebut menyuguhkan panorama alam memukau sekaligus deretan destinasi santap legendaris tiap kota
Angga Yudha Pratama - Rabu, 18 Maret 2026
Mudik Lewat Pansela? Jangan Lupa Nikmati Kuliner Khas Selatan Jawa yang Wajib Kamu Coba
Bagikan