Pemerintah Baru Korsel Kirim Utusan Khusus Temui Jokowi

Luhung SaptoLuhung Sapto - Selasa, 23 Mei 2017
Pemerintah Baru Korsel Kirim Utusan Khusus Temui Jokowi
Presiden Jokowi menerima surat dari Presiden Korea Moon Jae-in melalui Walikota Seoul Park Won Soon. (ANTARA/Puspa Perwitasari)

Presiden Korea Selatan terpilih Moon Jae-in mengirimkan Wali Kota Seoul Park Won-Soon selaku Delegasi Utusan Khusus Presiden Republik Korea menemui Presiden Joko Widodo. Pemerintah Korea Selatan (Korsel) ingin memperkuat jalinan kerja sama antarkedua negara.

Turut mendampingi Wali Kota Seoul Park Won-Soon, yakni Jeon Choyoung, Kim Hunsoo, Lee Sanghwa, dan Jeong Dodam diterima oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor.

"Jadi inti pesannya adalah komitmen dari Pemerintah Korsel yang baru untuk terus meningkatkan hubungan dengan Indonesia sebagai negara yang paling besar di ASEAN dan tentunya ASEAN sebagai satu kelompok. Dalam pertemuan tadi juga terdapat pesan saat pertemuan G20 di Hamburg, Jerman bulan Juli Presiden Korsel juga ingin melakukan bilateral dengan Presiden Jokowi," katanya di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (23/5).

Presiden Jokowi sendiri sekitar setahun silam berkunjung ke Korsel dan mendapatkan anugerah Honour Citizenship dari Kota Seoul bahkan sudah ada hubungan kerja sama antara Seoul dengan Jakarta.

Selain itu kata dia, disampaikan komitmen untuk investasi, perdagangan, dan kerja sama yang lain sebab sebagaimana diketahui Korsel merupakan salah satu mitra terpenting Indonesia baik untuk perdagangan maupun investasi.

"Untuk investasi kalau tidak salah terbesar ketiga di Indonesia. Oleh sebab itu utusan khusus membawa pesan mengenai komitmen Pemerintah Korsel untuk meningkat kerja sama di bidang ekonomi terutama perdagangan dan investasi," katanya.

Utusan khusus pada kesempatan itu juga menyerahkan surat utusan kepada Presiden Jokowi. Rencananya, kedua pimpinan negara akan bertemu dalam Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Hamburg, Jerman, pada Juli 2017.

Sumber: ANTARA

#Korea Selatan #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan