Otoritas India Kaitkan Zakir Naik dengan Kegiatan Terorisme

Luhung SaptoLuhung Sapto - Selasa, 04 April 2017
Otoritas India Kaitkan Zakir Naik dengan Kegiatan Terorisme
Zakir Abdul Naik (ANTARA/Novrian Arbi)

Badan Investigasi Nasional (National Investigation Agency/NIA) memanggil penceramah Zakir Naik untuk diperiksa terkait ujaran kebencian (hate speech).

Mengutip dari Times of India, Selasa (4/4) NIA memanggil Zakir Naik untuk diperiksa pada 17 April mendatang.

Untuk diketahui, pemanggilan ini merupakan ketiga kalinya setelah pada dua pemanggilan sebelumnya Zakir Naik mangkir. Pemanggilan pertama dilakukan pada 14 Maret disusul kemudian dengan panggilan kedua pada 30 Maret lalu.

Menurut sumber kepada Times of India, Zakir Naik kemungkinan besar tidak akan memenuhi panggilan ketiga ini. Zakir kini hidup di Arab Saudi, dan meminta pemeriksaan dilakukan dengan video call, tapi ditolak NIA.

Zakir Naik menghadapi tuduhan berat terkait dengan terorisme. Penceramah itu dituding menyebarkan ujaran kebencian dan memancing banyak pihak melakukan tindakan teror melalui ceramah-ceramahnya.

NIA juga menyelidiki aliran dana mencurigakan dari Yayasan Penelitian Islam milik Zakir ke sejumlah tersangka pelaku teror. Kini, NIA telah menetapkan Zakir Naik sebagai buronan.

Baru-baru ini Zakir Naik mendatangi Indonesia. Dalam kunjungannya, Zakir Naik bertemu umat Islam di Yogyakarta, Bandung, Ponorogo, Bekasi, dan Makassar.

# Dr Zakir Naik #India #Hate Speech #Terorisme
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan