Novel Bamukmin Susul Bachtiar Nasir Diperiksa Bareskrim

Eddy FloEddy Flo - Senin, 13 Februari 2017
Novel Bamukmin Susul Bachtiar Nasir Diperiksa Bareskrim
Bachtiar Nasir (kanan) di Bareskrim (Antara Foto/Reno Esnir)

Kasus dugaan tindakan pidana pencucian uang (TPPU) terkait dana Yayasan Keadilan Untuk Semua ikut menyeret Sekretaris Dewan Syuro Front Pembela Islam (FPI) Novel Bamukmin. Setelah Bachtiar Nasir, hari ini Senin (13/2) giliran Novel Bamukmin memenuhi panggilan penyidik Bareskrim Polri sebagai saksi.

Novel Bamukmin menjalani pemeriksaan di Kantor Bareskrim, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta.

"Iya pemeriksaan pertama. Harusnya hari Jumat (10/2), tapi enggak bisa, kami kan punya jadwal agenda sendiri," kata Novel Bamukmin sebagaimana dilansir Antara.

Novel Bamukmin diperiksa lantaran kas Yayasan Keadilan Untuk Semua diduga dipakai untuk mendanai aksi demo 212 silam. Namun Novel mengatakan dirinya tidak mengetahui persis dalam kasus apa keterangannya diperlukan polisi.

Sementara kuasa hukum Novel, Ali Lubis mengatakan kliennya bukan pengurus Yayasan Keadilan untuk Semua. bahkan tidak pernah mendengar nama yayasan tersebut.

"Bahkan Habib Novel sendiri tidak pernah mendengar nama yayasan itu. Beliau bingung tiba-tiba dipanggil Bareskrim sebagai saksi, kaitannya apa?" ujar Ali Lubis.

Sebagaimana diketahui, sampai saat ini penyidik Bareskrim telah memeriksa tiga orang lainnya sebagai saksi dalam kasus yang sama, yakni Ketua GNPF MUI Ustadz Bachtiar Nasir, Ketua Yayasan Keadilan Untuk Semua, Adnin Armas dan stafnya.

Ali Lubis menambahkan Novel Bamukmin hanya mengenal Bachtiar Nasis sebatas rekan sesama ulama. Selebihnya apalagi terkait dana yayasan, Novel Bamukmin sama sekali tidak tahu menahu.

"Antar ulama pasti saling kenal lah nama-namanya. Ya cuma sebatas rekan sesama ulama," katanya.

Dalam kasus dugaan TPPU berawal dari unggahan di media sosial. Penyidik berusaha mengusut unggahan di media sosial yang meminta masyarakat menyumbangkan uang untuk Aksi Bela Islam III melalui rekening khusus GNPF-MUI, atas nama Yayasan Keadilan Untuk Semua.

Dalam postingan tersebut, tertera penanggungjawab rekening tersebut adalah Bachtiar Nasir, Zaitun Rasmin, dan Luthfie Hakim.

#TPPU #Novel Bamukmin #Kabareskrim Polri #Front Pembela Islam #Bachtiar Nasir
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan