Meskipun Sehat, Minum air putih Bisa Berbahaya Para dokter menganjurkan untuk mengonsumsi 2 liter air perhari (Foto: freeimages)

Air putih baik untuk menjaga kesehatan. Dengan mengonsumsi banyak air putih, tubuh akan mendapat banyak manfaat seperti menjaga fungsi ginjal dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Terlebih lagi jika mengonsumsi air putih di pagi hari saat perut kosong, usus dapat bersih.

Namun, meminum air putih juga bisa berdampak buruk bagi Anda. Hal ini dapat terjadi jika Anda mengonsumsi air putih terlalu berlebihan.

Mengonsumsi air putih berlebihan, membuat volume darah akan meningkat. Tubuh orang dewasa pada umumnya memiliki 5 liter volume darah. Dengan meningkatnya volume darah sistem pembuluh darah akan tertutup. Jika tertutup, kinerja jantung akan semakin cepat dan mengganggu kesehatan jantung tersebut.

Kemudian, ginjal juga akan bekerja tidak semestinya. Minum air yang berlebihan akan membuat cairan masuk pada tubuh juga berlebih, hal ini akan membuat ginjal bekerja ekstra keras. Jika terjadi terus, glomerulus yang merupakan bagian ginjal, berupa anyaman pembuluh darah, akan rusak. Penyakit ginjal dapat terjadi jika glomerulus pada ginjal rusak.

Keracunan air juga dapat terjadi jika minum air putih berlebihan, dikenal juga dengan istilah overhydration. Keracunan air merupakan gangguan potensial pada fungsi otak akibat elektrolit yang tidak seimbang karena konsumsi air putih terlalu banyak.

Sebaiknya Anda mengatur jumlah konsumsi air putih. Para dokter menganjurkan untuk meminum 8 gelas atau 2 liter air perhari. Akan tetapi jangan salah mengartikannya. Meskipun dianjurkan meminum delapan gelas air, jangan meminumnya dengan jumlah banyak sekaligus. Konsumsi masing-masing dua gelas air pada pagi, siang, sore dan malam hari.

Baca juga akibat 3 Penyakit Akibat Terlalu Banyak Makan Telur



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH