Menteri Puan Berikan Bantuan Sosial PKH Pada 1.000 Warga

Ana AmaliaAna Amalia - Kamis, 17 November 2016
Menteri Puan Berikan Bantuan Sosial PKH Pada 1.000 Warga
Menko PMK Puan Maharani saat rapat kerja bersama Badan Anggaran DPR RI, Selasa (13/10). (Foto: MerahPutih/Rizki Fitrianto)

Merahputih Nasional - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyampaikan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Nontunai secara simbolis kepada perwakilan dari 1.000 Penerima Manfaat PKH dari Kecamatan Senen dan Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat.

Puan mengatakan agar para penerima manfaat tidak hanya diberikan bantuan tetapi juga harus terus menerus diberikan sosialisasi dan edukasi mengenai program bantuan sosial yang kini mulai disalurkan secara nontunai.

“Bimbing mereka (penerima manfaat, red) bagaimana menggunakan rekening bantuan sosial, bagaimana merencanakan keuangan keluarga, apa manfaat menabung dan yang tidak kalah penting adalah juga cara menyampaikan pengaduan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Puan saat ditemui di Gedung Aneka Bhakti, Kementerian Sosial RI, Kamis, (17/11).

Putri dari Ketum PDIP itu, menjelaskan agar penyaluran bansos nontunai berjalan lancar dan diterima dengan baik oleh penerima manfaat, upaya sosialisasi harus terus dilakukan sehingga akses masyarakat kepada jasa layanan keuangan menjadi terbuka, kegiatan ekonomi meningkat dan masyarakat sejahtera.

"Ini tugas pendamping PKH untuk sosialisaikan. Harus aktif mendatangi dan memberi sosialisasi kepada ibu-ibu penerima bantuan. Jangan sampai salah karena satu pendamping harus memberikan sosialisasi kepada 200 penerima PKH," kata Menko PMK.

Kepada jajaran direksi HIMBARA sambungnya, meminta agar seluruh tahapan pelaksanaan penyaluran bantuan sosial non tunai dilaksanakan sesuai mekanisme yang sudah ditetapkan baik itu sejak proses registrasi pembukaan rekening, pelaksanaan edukasi dan sosialisasi, proses penyaluran dan penarikan uang ataupun pembelian barang.

"Bank penyalur juga harus melaporkan penyaluran dan penarikan bantuan sosial dari rekening penerima bansos kepada pemberi bantuan sosial sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk itu saya minta dashboard bantuan sosial benar-benar dapat berfungsi agar dapat dipantau kabar terbaru penyaluran bantuan sosial secara online dan real time," jelasnya. (Abi)

BACA JUGA:

  1. Indonesia Raih 2 Emas 1 Perak di Kejuaraan Dunia Angkat Berat
  2. Griselda Sastrawinata, Orang Indonesia di Balik Moana
  3. Ekspor Nonmigas Indonesia Alami Peningkatan pada Oktober
  4. Arista : Standar Bandara Indonesia Harus Di Upgrade
  5. Berikut Perkembangan Tingkat Kepuasan Jamaah Haji Indonesia
#Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Da #Puan Maharani
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan