Gandeng Tiongkok, Indonesia Jajaki Pembangunan Empat Waduk

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 06 April 2017
Gandeng Tiongkok, Indonesia Jajaki Pembangunan Empat Waduk
Air mengalir dari Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat, Kamis (6/4). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Indonesia dan Tiongkok menjajaki kemungkinan kerja sama pembangunan empat waduk, yaitu Waduk Pelosika di Sulawesi Tenggara, Waduk Rokan Kiri di Riau, Waduk Jenelata di Sulawesi Selatan, dan Waduk Riam Kiwa di Kalimantan Selatan.

"Nilainya Rp4,5 triliun," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono usai menerima kunjungan Menteri Sumber Daya Air (SDA) Tiongkok Chen Lei didampingi Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xie Feng di Jakarta, Kamis (6/4).

Waduk Pelosika ditargetkan akan menyediakan air untuk mengairi daerah irigasi mencapai 16.358 hektare serta menyediakan air baku hingga 0,2 m3 per detik.

Waduk di Sulawesi Tenggara tersebut juga memiliki potensi pembangkit tenaga listrik mencapai 21 megawatt (MW).

Waduk Rokan Kiri atau biasa disebut Waduk Lompatan Harimau akan bermanfaat untuk mengaliri daerah irigasi seluas 4.000 hektare, menjadi sumber air baku, pengendali banjir, dan pembangkit listrik dengan kapasitas mencapai 74,40 MW.

Kemudian Waduk Jenelata di Sulawesi Selatan memiliki daya tampung mencapai 223 juta m3 dan bisa menjadi sumber pembangkit listrik untuk daerah Gowa dan kota Makassar.

Selain itu, diharapkan bisa menjadi air irigasi untuk mengaliri sawah seluas 24.400 hektare dan mereduksi banjir di kawasan Gowa.

Waduk Riam Kiwa dengan daya tampung 127 juta m3 diharapkan bisa mengairi jaringan irigasi baru hingga 5000 hektare lahan, air baku mencapai 0,1 m3/detik dan juga menjadi pembangkit listrik tenaga air dengan kapasitas 2,7 MW.

Sementara itu, Menteri Chen Lei mengatakan saat ini hubungan Indonesia dan Tiongkok berjalan dengan sangat baik dan akan mempertimbangkan dengan serius terkait penawaran kerja sama tersebut.

"Proyek ini sangat baik dan berkontribusi besar dalam pengelolaan air di Indonesia, tentu kami akan mempertimbangkan hal ini dengan serius," kata Chen Lei.

Sumber: ANTARA

#Waduk #Tiongkok #Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan