Bubur Samin: Menu Buka Puasa Primadona di Masjid Darussalam

Yohannes AbimanyuYohannes Abimanyu - Selasa, 13 Juni 2017
Bubur Samin: Menu Buka Puasa Primadona di Masjid Darussalam
Bubur Samin tetap jadi menu buka puasa primadona di Masjid Darussalam, Solo. (Foto: MP/win)

Waktu berbuka puasa masih sekitar tiga jam lagi, tetapi sudah banyak masyarakat datang ke kawasan Masjid Darussalam, Serengan, Solo, Senin (12/6). Terlihat, mereka ada yang membawa mangkuk dan sejumlah plastik di tangannya.

Ya masyarakat tersebut, sedang menanti untuk mendapatkan bubur samin. Memang, selama Ramadan, di masjid tersebut selalu menyediakan Bubur Samin. Uniknya, jumlah yang disediakan pun cukup banyak, yakni setiap hari lebih dari 1.000 porsi bubur.

Pembuatan bubur samin tersebut dilakukan sejak pagi hari dan dibagikan usai salat Asar.

Tanpa dikomando, masyarakat pun langsung datang menyerbu makanan khas asal Kalimantan tersebut.

Ketua Takmir Masjid Darussalam HM Rosyidi Mudlor mengatakan awal mula bubur samin hanya dikonsumsi saat buka bersama di masjid, pada 1960-an. Namun, seiring berjalannya waktu, mulai tahun 1980-an bubur tersebut dibagikan kepada masyarakat.

“Semua warga yang tinggal disini merupakan perantauan. Semua berasal dari Martapura, Kalimantan,” jelas Rosyidi saat berbincang dengan merahputih.com.

Ia mengakui, bubur samin dibuat dari tumbuh-tumbuhan murni dan tanpa menggunakan bahan pengawet. Sehingga tak heran, jika banyak masyarakat yang berburu bubur samin untuk menjaga kesehatannya.

“Buburnya enak, beda dengan bubur Jawa. Setelah makan bubur samin, di perut rasanya hangat,” jelas salah seorang warga yang ikut antre bubur Samin, Nuri (35).

Berita ini dilaporkan oleh kontributor merahputih.com WIN yang berada di Solo dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya di: Hotel Ini Buat Replika Masjid dari Kue Kuping Gajah.

#Menu Buka Puasa #Solo #Yogyakarta #Bubur Samin
Bagikan
Ditulis Oleh

Yohannes Abimanyu

Wonderful Indonesia, Pesona Indonesia dan pesona gw adalah satu
Bagikan