Besok, Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadan

Luhung SaptoLuhung Sapto - Kamis, 25 Mei 2017
Besok, Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadan
Petugas Rukyat mengamati posisi Hilal menggunakan teropong saat Rukyatul Hilal di Pantai Jerman, Kuta, Bali, Selasa (16/6). (Foto: AntaraFoto)

Sidang isbat penentuan awal Ramadan 1438 Hijriah akan dilangsungkan Jumat (26/5) besok. Kementerian Agama akan melakukan pemantauan hilal di 77 titik di seluruh nusantara.

"Sidang isbat akan diadakan di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jalan MH. Thamrin No. 6, Jakarta Pusat, dimulai pukul 17.00 WIB," demikian pantauan merahputih.com di laman resmi Kemenag, Kamis (25/5).

Sidang diawali dengan sesi pra sidang berupa pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1438H oleh anggota tim hisab rukyat Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya pada pukul 17.00 WIB. Setelah salat Magrib berjamaah, dilanjutkan sidang isbat dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dilanjutkan dengan laporan data hisab dan pelaksanaan rukyatul hilal oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais). Selanjutnya, hasil sidang isbat akan disampaikan kepada masyarakat melalui konferensi pers.

Sidang isbat akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, perwakilan dari Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

#Awal Ramadan #Sidang Isbat #Kemenag
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan