4 Obat Tradisional Sakit Gigi

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 02 Juni 2017
4 Obat Tradisional Sakit Gigi
Anda bisa mengobati sakit gigi dengan bahan dapur (Foto: Freeimages)

Sakit gigi memang sangat mengganggu aktivitas, terutama saat makan. Tenang dulu, untuk mengatasi sakit gigi, Anda bisa mencoba beberapa obat tradisional. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, Anda bisa mengatasi sakit gigi dengan 4 obat alami ini.

1. Lada dan garam

Lada dan garam memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Campuran kedua bahan tersebut akan bisa mengatasi sakit gigi Anda. Campur garam dan lada dengan jumlah seimbang, masing-masing 1 sendok makan. Kemudian tambahkan air, aduk hingga menjadi seperti pasta. Oleskan pada bagian gigi yang sakit dan diamkan selama beberapa menit.

2. Bawang merah

Sifat antiseptik dan antimikroba terdapat pada bawang merah. Kedua sifat tersebut bisa membunuh kuman penyebab infeksi sehingga mengontrol rasa sakit pada gigi. Anda bisa mengunyah langsung bawang merah menggunakan gigi yang sakit atau letakkan sepotong bawang merah mentah langsung pada gigi yang sakit, diamkan beberapa menit.

3. Cengkih

Antibakteri, antioksidan, dan anti-inflamasi yang terkandung pada cengkih bisa mengurangi rasa sakit gigi dan melawan infeksi. Tumbuk cengkih hingga halus, campurkan minyak sayur atau zaitun. Kemudian, oleskan pada gigi yang sakit, diamkan selama beberapa menit.

4. Air garam

Air garam merupakan obat tradisional yang sangat praktis. Campuran garam dengan air bisa membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan. Campur air hangat dan garam secukupnya. Cara menggunakannya pun mudah, kumur-kumur dengan air garam selama beberapa menit.

Itulah obat alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit gigi. Jika dalam 1 hingga 2 hari Anda masih merasakan sakit gigi, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter gigi. Terlebih lagi jika Anda merasakan nyeri gigi yang parah.

Baca juga artikel 4 Cara Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan Tanpa ke Dokter.

#Tips #Tips Kesehatan #Tips & Trik #Perawatan Gigi #Gigi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan