200.000 Pendatang Diprediksi Serbu Bekasi Pasca Lebaran

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 18 Juni 2017
200.000 Pendatang Diprediksi Serbu Bekasi Pasca Lebaran
Ilustrsai. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi, Jawa Barat memprediksi jumlah pendatang dari luar daerah ke wilayah setempat pascaperayaan Lebaran 2017 mencapai sekitar 200.000 jiwa.

"Pendatang biasanya berasal dari daerah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sumatera," kata Kepala Disdukcapil Kota Bekasi Erwin Effendi di Bekasi, Minggu (18/6).

Menurut Erwin, umumnya para pendatang merupakan sanak keluarga dari warga setempat yang dibawa dari kampung ke Kota Bekasi untuk mencari pekerjaan.

"Kota Bekasi memang strategis karena dekat dengan Jakarta. Umumnya pendatang baru saja menyelesaikan sekolahnya di kampung dan mencari kerja ke Jakarta atau Bekasi," katanya.

Erwin mengatakan, pihaknya tidak akan melarang kedatangan warga luar daerah ke Kota Bekasi, namun ia mengimbau agar mereka telah memiliki kesiapan serta kemampuan bekerja agar tidak menambah angka pengangguran di Kota Bekasi.

"Mereka harus punya kompetensi, daya saing bila mau datang ke Kota Bekasi agar tidak menambah angka pengangguran," katanya.

Kota Bekasi, katanya, memiliki 1.400 perusahaan nasional dan multinasional serta berdekatan dengan delapan kawasan industri di Kabupaten Bekasi.

"Biasanya tidak semua pendatang bekerja di Kota Bekasi, mereka rata-rata singgah, sementara bekerjanya di Jakarta atau Kabupaten Bekasi," katanya.

Pihaknya telah mengagendakan kegiatan operasi yustisi guna menjaring pendatang yang tidak produktif serta melanggar ketentuan hukum yang berlaku.

"Kami akan cek kesiapan pendatang di Kota Bekasi lewat operasi yustisi setelah Lebaran," katanya.

Sumber: ANTARA

#Bekasi #Kota Bekasi #Pasca Lebaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan