Wisata Edukasi Museum Pak Tino Sidin

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Kamis, 16 Maret 2017
Wisata Edukasi Museum Pak Tino Sidin
Koleksi lukisan karya Pak Tino Sidin (MP/Fredy Wansyah)

Wisata Yogyakarta tidak semua tentang indahnya panorama alam, atau bangunan dan situs cagar budaya. Karena, Yogyakarta juga memilik destinasi wisata lain, yang di antaranya adalah wisata edukasi.

Jadi, jika Anda jalan-jalan ke Yogyakarta bersama keluarga dan anak-anak tercinta, jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat wisata edukasi yang cocok untuk anak-anak.

Salah satunya adalah Taman Tino Sidin. Pak Tino Sidin merupakan salah seorang pelukis dan guru gambar ternama yang terkenal dengan acara Gemar Menggambar yang ditayangkan TVRI pada era tahun 80-an. Dalam acara yang sangat populer kala itu, Pak Tino mengajarkan bahwa menggambar itu mudah, hanya merupakan paduan garis-garis lurus dan garis-garis lengkung.

Di museum inilah banyak karyanya tersimpan. Selain karyanya, pengunjung juga bisa menjelajahi kisah perjalan sang pecinta dunia anak ini.

Taman Tino Sidin di Yogyakarta. (MP/Fredy Wansyah)

Di sini Anda juga dapat menemukan barang, dokumen dan arsip terutama gambar sketsa karya Pak Tino Sidin. Di museum seluas 400 meter persegi ini memiliki koleksi seni yang mencapai 180 buah yang terdiri 30 buah karya lukis cat minyak dan 150 lebih karya sketsa.

Jika mengajak anak-anak Anda pada hari-hari tertentu, di sini juga ada proses belajar menggambar oleh sanggar dari Museum Tino Sidin. So, anak -anak Anda bisa sekalian belajar bersama kelompok sanggar.

Bagaimana, Anda tertarik singgah di Taman Tini Sidin? Datang saja ke alamat Jalan Tino Sidin No 297, Kadipiro, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Artikel ini adalah hasil liputan Fredy Wansyah, kontributor merahputih.com yang bertugas di wilayah DI Yogyakarta dan sekitarnya. Untuk mengetahui artikel tentang destinasi wisata yang tidak kalah menarik di Daerah Istimewa Yogyakarta, baca juga: Objek Wisata Jurang Pulo Sari Yogyakarta Tenar Akibat Medsos

#Wisata Yogyakarta #Sarana Edukasi #Wisata Museum
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan