Tips Aman Ambil Uang di ATM

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 28 Juni 2017
Tips Aman Ambil Uang di ATM
Selalu tutup tombol saat memasukkan nomor PIN. (Foto: pixabay)

Liburan membuat Anda tak bisa lepas dari ATM. Di tengah maraknya modus penipuan di ATM, Anda sebaiknya berhati-hati saat akan mengambil uang.

Agar terhindar dari niat para penjahat saat mengambil uang di ATM, Anda bisa mengikuti cara berikut.

1. Cari ATM yang ramai

Kebutuhan akan uang memang terkadang sangat genting. Hal ini membuat orang mencari mesin ATM terdekat untuk mengambil uang. Dalam hal ini, Anda perlu bijak terhadap diri sendiri. Meskipun sedang terburu-buru, jangan Anda mengambil uang di ATM yang sepi. Cari ATM yang ramai, karena penjahat akan ragu untuk melancarkan aksinya di ATM yang ramai.

2. Ubah nomor pin secara berkala

Cara ini terbilang agak merepotkan. Bisa saja Anda lupa nomor PIN lantaran sering berganti-ganti nomor PIN. Akan tetapi hal ini merupakan cara yang aman jika sewaktu-waktu kartu ATM Anda hilang. Tidak ada orang yang bisa menebak nomor PIN Anda. Jika Anda merupakan orang yang memiliki kewaspadaan tinggi, tidak ada salahnya melakukan tindakan pencegahan tersebut.

3. Tutup tombol ketika memasukkan nomor pin

Tentu tindakan seperti ini mudah untuk dilakukan. Meskipun di belakang Anda tidak ada orang antre, tetap tutup area tombol dengan jari-jari tangan atau kertas saat memasukkan nomor PIN. Ada beberapa modus kejahatan yang memasang kamera mikro pada sekitar mesin ATM. Dengan demikian, jika kartu ATM Anda dicuri, uang Anda bisa langsung ludes karena si penjahat sudah mengetahui nomor pin Anda.

4. Lapor security jika kartu tertelan mesin

Tidak jarang kartu ATM tertelan mesin. Salah satu faktornya jika terlalu lama tidak mengambil kartu ATM setelah transaksi usai. Namun, bisa saja hal ini menjadi salah satu modus operandi para penjahat. Segera lapor ke pihak security saat kartu ATM Anda tertelan. Ditakutkan jika para penjahat yang mencoba menelan kartu Anda dengan menempatkan alat seperti jepitan pada lubang mesin ATM.

5. Katakan tidak pada orang tidak dikenal

Beberapa masalah bisa Anda temui saat pergi ke ATM. Bisa saja mesin ATM rusak atau transaksi Anda tidak pernah berhasil. Tentu hal ini membuat Anda membutuhkan pertolongan. Hindari jika ada seseorang yang menawarkan bantuan Anda seperti membantu Anda bertransaksi atau hal lainnya. Bisa saja Anda terkena hipnotis dan malah membuat Anda kehilangan seluruh uang Anda. Cara yang paling aman saat menemukan kendala pada mesin ATM, segera hubungi saja pihak customer service bank terkait.

Kewaspadaan saat mengambil uang di ATM perlu Anda tingkatkan. Selalu fokus saat melakukan transaksi dengan ATM dan perhatikan keadaan sekitar. Jika memungkinkan, selalu berdua dengan teman atau kerabat Anda saat melakukan transaksi pada mesin ATM. Terlebih jika Anda wanita yang selalu menjadi sasaran empuk para penjahat.

Baca juga artikel mengenai Cegah Maling Saat Rumah Kosong Dengan Cara Ini.

#ATM BCA #Tips
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan