Selain Faktor Kebiasaan, Ini Penyebab Kegemukan Lainnya

KaptenKapten - Kamis, 11 Mei 2017
Selain Faktor Kebiasaan, Ini Penyebab Kegemukan Lainnya
Kegemukan bisa terjadi karena faktor keturunan (Foto:Gettyimages)

Untuk langkah antisipasi kegemukan, kita harus tahu dulu dari mana kegemukan itu berasal. Kegemukan disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu makan melebihi dari yang diperlukan tubuh, atau penggunaan energi yang rendah. Bisa juga kondisi keduanya. Selain itu, terdapat pula faktor lain penyebab kegemukan yang tidak dapat kita kontrol sepenuhnya, seperti berikut ini:

1. Bakat gemuk

Faktor keturunan dapat memengaruhi terjadinya kegemukan. Hasil penelitian gizi di AS menunjukkan bahwa anak dari orang tua normal mempunyai 10% peluang untuk menjadi gemuk. Peluang itu akan meningkat menjadi 40-50% bila kedua orang tuanya mengalami obesitas.

2. Enzim

Terdapat bawaan sifat metabolisme terhadap aktivitas enzim seperti adipose tissue lipoprotein lipase. Enzim ini berperan penting dalam mempercepat penambahan berat badan. Fungsinya adalah mengontrol kecepatan trigliserida dalam darah yang dipecah menjadi asam lemak, untuk kemudian disalurkan ke sel-sel tubuh dan disimpan.

3. Hormon

Wanita yang mengalami masa menopause sering mengalami kegemukan karena penurunan hormon tiroid. Hormon ini berperan dalam penggunaan energi pada tubuh.

4. Metabolisme

Kecepatan metabolisme dalam tubuh seseorang tidaklah sama, ada yang memiliki basal tinggi dan ada yang rendah. Orang yang memiliki basal rendah lebih cenderung gemuk, karena energi yang dikonsumsi lebih lambat dipecah menjadi glukosa. Sehingga, energi tersebut lebih banyak disimpan di dalam tubuh dalam bentuk glikogen.

5. Pengaruh obat-obatan

Ada beberapa obat yang dapat merangsang pusat lapar sehingga nafsu makan meningkat. Penggunaan obat-obatan terlalu lama bisa mengakibatkan obesitas. (Bing)

Simak pula info lainnya seputar berat badan di sini: 4 Aktivitas Sepele yang bisa Menurunkan Berat Badan dan Tidur Tanpa Busana Bisa Menurunkan Berat Badan?

#Tips N Trick #Tips Kesehatan #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Kapten

Kapten Merah Putih
Bagikan