Sandiaga Klaim Punya Mesin Identifikasi Penyebar 'Hoax'

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 27 Maret 2017
Sandiaga Klaim Punya Mesin Identifikasi Penyebar 'Hoax'
Calon wakil gubernur DKI Jakarta 2017 Sandiaga Uno (MP/Rizki Fitrianto)

Calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan 3, Sandiaga Uno mengatakan Satuan Tugas (Satgas) Anti "Hoax" yang dibentuk pasangan Anies-Sandi telah memiliki mesin identifikasi penyebar berita bohong itu.

"Cara kerjanya nanti kami punya Satgas Anti 'hoax' yang akan dipimpin oleh Razi. Mereka kerjanya memelototi seluruh percakapan dan juga ada mesin identifikasi penyebar 'hoax'," kata Sandiaga di Posko Pemenangan Anies-Sandi di Jalan Cicurug, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (27/3).

Mesin identifikasi tersebut memastikan apa pun yang berkaitan dengan Anies Baswedan atau Sandiaga Uno terpantau, sehingga begitu ada berita yang menyesatkan bisa langsung terklarifikasi.

Dari Key Performance Indicator (KPI) dapat dilihat dalam hitungan menit dapat mengidentifikasi jumlah berita terkait Anies-Sandi bila "hoax" dalam satu jam sudah terklarifikasi dan ditaruh di website www.jakartamajubersama.com dan www.fitnahlagi.com.

"Selain itu, kami akan terus menyebarkan berita-berita baik dan relawan yang tersebar, baik itu relawan yang sudah tercatat maupun simpatisan jumlahnya itu sudah ada diatas 200 ribu hari ini. Kami akan bekali dengan pengetahuan" kata Sandiaga.

Dijelaskannya pula, apabila ada berita dan bukan ada di laman www.jakartamajubersama.com berarti itu berita "hoax".

"Kita bisa pastikan itu 'hoax' dan relawan kita langsung melaporkannya kalau misalnya live seperti itu atau kalau misalnya di sosial media kita tentunya ada mesinnya untuk memastikan kita bisa menangkap percakapan itu," kata Sandiaga.

Pada putaran kedua pilkada DKI Jakarta pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno lolos ke putaran kedua bersama pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

Sumber: ANTARA

Baca juga berita terkait hoax di: Difitnah Melalui Berita Hoax, Anies: Kami Biasa Aja!

#Berita Hoax #Sandiaga Uno #Satgas Anti Hoax
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan