Presiden Jokowi Pimpin Rapat Terbatas Soal Sinabung

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Senin, 21 September 2015
Presiden Jokowi Pimpin Rapat Terbatas Soal Sinabung
Material vulkanik disertai awan panas meluncur dari puncak Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara, Kamis (25/6). (ANTARA FOTO/Rony Muharrman )

MerahPutih Peristiwa - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini memimpin langsung rapat terbatas untuk membahas keadaan terakhir Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Beberapa hari lalu, Gunung Sinabung kembali mengeluarkan erupsi disertai awan panas hingga sejauh 4 kilo meter.

Gunung Sinabung kembali meletus pada Selasa (15/9) pagi. Awan panas guguran sejauh 4 kilometer ke timur-tenggara dan tinggi kolom abu vulkanik mencapai 3 kilometer meter.

Seperti dilasir situ resmi Sekretariat Negara, Presiden Jokowi dijadwalkan memimpin langsung rapat terbatas (ratas) mengenai tindak lanjut penanganan bencana erupsi Gunung Sinabung, Senin (21/9) siang. Rapat tersebut untuk menindaklanjuti antisipasi letusan kembali hingga penanganan pengungsi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Gunung Sinabung saat ini berstatus awas (level IV) dengan disertai tremor terus menerus

"Aktivitas tinggi dan potensi erupsi susulan masih tinggi. Radius yang dikosongkan adalah tujuh kilometer di sisi selatan-tenggara dan enam kilometer di timur," kata Sutopo.

Meski telah terjadi letusan kembali pekan lalu, tidak ada penambahan pengungsi. Saat ini, warga sekitar Gunung Sinabung yang diungsikan mencapai 2.572 jiwa (9.313 KK). Pengungsi ditempatkan di sembilan pos pengungsian.

Warga sekitar yang diungsikan berasal dari sembilan desa sekitar Gunung Sinabung. Mereka diungsikan setelah rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) untuk berada di radius aman dampak letusan.

 

Baca Juga:

 

  1. Kebakaran Plaza Medan Ingatkan Letusan Sinabung
  2. Terus Keluarkan Awan Panas, Status Gunung Sinabung Masih Awas
  3. Hujan Abu Vulkanik Gunung Sinabung
  4. Kondisi Terkini Gunung Sinabung
  5. Gunung Sinabung Erupsi 3 Kali Hanya dalam Beberapa Jam
#Kabupaten Karo #Sumatera Utara #Presiden Jokowi #Pengungsi Gunung Sinabung #Gunung Sinabung
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan