PAN Dukung Amien Rais, tetapi Tolak Komentari Sutrisno Bachir Soal Dana Alkes

Luhung SaptoLuhung Sapto - Jumat, 02 Juni 2017
PAN Dukung Amien Rais, tetapi Tolak Komentari Sutrisno Bachir Soal Dana Alkes
Ketua Majelis Kehormatan PAN, Amien Rais (tengah). (ANTARA/Muhammad Adimaja)

Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR Yandri Susanto mendukung Ketua Majelis Kehormatan PAN, Amien Rais. Yandri meyakini klarifikasi yang disampaikan Amien soal aliran dana Rp600 juta terkait kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes).

"Ya, kita dukung Pak Amien. Kita yakin Pak Amien, apa yang disampaikan Pak Amien itu betul," ujar, Yandri saat dihubungi di Jakarta, Jumat (2/6).

Meskipun demikian, Ketua DPP PAN ini tidak mau mengomentari lebih jauh terkait mantan Ketua DPP PAN Sutrisno Bachir, yang juga disebut oleh jaksa dalam kasus yang menjerat mantan Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari ini.

"Kita enggak bisa berandai-andai. Tanya Pak Tris (Sutrisno Bachir) saja. Kita enggak punya hak untuk itu (berkomentar)," tandasnya.

Sebelumnya, Amien Rais disebut menerima transfer dana hingga Rp600 juta dari pengadaan alat kesehatan (alkes) guna mengantisipasi kejadian luar biasa (KLB) 2005 pada Pusat Penanggulangan Masalah Kesehatan.

Kabarnya, Amien Rais menerima dana tersebut bertahap dimulai pada tanggal 15 Januari, 13 April, 1 Mei, 21 Mei, 13 Agustus, dan 2 November 2007 dengan nominal masing-masing sebesar Rp100 juta.

Terkait hal itu, Amien sudah memberikan klarifikasi. Menurutnya, aliran dana tersebut merupakan janji Sutrisno kepadanya untuk bantuan operasional. Namun, dia tidak mengetahui secara persis kala itu sumber uangnya berasal dari mana.

Sementara itu, Sutrisno Bachir, hingga kini belum memberikan keterangan resmi mengenai kasus yang menjeratnya itu. (Pon)

Baca juga berita lain terkait Amien Rais dalam pusaran korupsi dana alkes di: Amien Rais Janji Buka-bukaan Soal Korupsi Alkes Usai Sambangi KPK

#Amien Rais #KPK #Korupsi Alat Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan