Pameran Karya Seni Panji Ramaikan HUT Kediri

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Minggu, 26 Maret 2017
Pameran Karya Seni Panji Ramaikan HUT Kediri
Pameran Seni Panji, Kediri (FOTO/Antara/Prasetia Fauzan)

Selain menampilkan tarian jaranan kolosal, dalam perayaan HUT Kabupaten Kediri Ke-1.213, Minggu (26/3), juga digelar Pameran Karya Seni Panji.

Pameran Karya Seni Panji ini dilaksanakan di basement monumen Simpang Lima Gumul, Kediri, Jawa Timur. Pameran yang menampilkan beragam jenis karya seni bertema Panji tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah daerah setempat mendukung dinominasikannya Cerita Panji ke UNESCO sebagai Memory of The World (MoW). Selain itu juga sekaligus mempromosikan kepada dunia luar bahwa Kediri merupakan Bumi Panji.

Dalam momentum HUT Kabupaten Kediri ini, Komunitas Jawa Kuno Sutasoma Kediri juga mengajak masyarakat, terutama anak-anak muda, untuk bersama-sama melestarikan aksara Jawa kuno yang merupakan salah satu peninggalan budaya nusantara.

Ketua Kojakun Sutasoma Kediri Aang Pambudi Nugroho mengatakan, saat ini sudah banyak pemuda Kediri yang tidak tahu tentang aksara Jawa Kuno tersebut. Untuk itu, dalam momentum ini, kata Aang, pihaknya akan menggenjot generasi muda untuk memahami dan mengetahui tetang aksara Jawa Kuno tersebut.

"Dalam aksara Jawa Kuno, banyak makna filosofi, simbol yang hanya diketahui oleh kalangan asli Jawa sendiri," katanya.

Untuk mengikuti artikal lainnya, baca juga: Melukis Sketsa Jadi Daya Tarik Pengunjung Pasar Seni Lukis Bandung

#Karya Seni #Wisata Kediri #Kediri
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan