Kampung Ujung: Tempat Wisata Kuliner Malam di Labuan Bajo

Rina GarminaRina Garmina - Rabu, 26 April 2017
Kampung Ujung: Tempat Wisata Kuliner Malam di Labuan Bajo
Ikan segar (Foto: Antara)

Aktivitas membakar ikan dengan akar merupakan pemandangan umum yang akan Sahabat Merahputih jumpai saat berkunjung ke Kampung Ujung. Pusat kuliner malam yang berlokasi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, itu memang terkenal dengan menu ikan bakarnya.

Labuan Bajo tak hanya terkenal dengan keindahannya, tetapi juga kulinernya (Foto: wikitravel.org)

Penggemarnya pun bukan cuma turis lokal, melainkan pula turis asing. Asap yang keluar dari proses pembakaran tidak menghentikan niat mereka bersantap malam di Kampung Ujung. Selain ikan bakar, ikan kuah asam juga menjadi menu andalan di Kampung Ujung. Ikan yang bisa dipilih pun beragam, mulai dari kerapu, kakap merah hingga bawal. Bila tak suka ikan, Sahabat Merahputih dapat memesan cumi, udang atau ayam.

Seafood yang dijajakan warga setempat itu disukai turis karena dijual dalam kondisi segar. Ikan-ikan tersebut biasanya dibeli pedagang di pasar ikan pada pagi hari, lalu dijual di Kampung Ujung pada sore hingga malam hari. Ikan yang tidak habis terjual biasanya diolah menjadi ikan asin.

Turis yang berkunjung ke sana juga bebas memilih sendiri ikan, cumi atau udang yang akan dimasak. Sambal yang cita rasanya pedas juga menjadi menu pendamping andalan di Kampung Ujung. Sambal ini biasanya dilengkapi pula dengan lalap terung goreng, mentimun, kacang panjang, dan daun kemangi.

Kebanyakan penduduk Eropa kurang suka sambal karena rasa pedasnya mampu mengalahkan makanan utama. Namun, di Kampung Ujung, Anda akan menjumpai sejumlah turis asing yang justru terlihat sedang menikmati ikan bakar dengan cocolan sambal.

Usai makan, terutama setelah menyantap sambal pedas, Sahabat Merahputih tentu merasa haus. Aneka jus buah seperti jus jeruk alpukat bisa Anda pesan sebagai penghilang dahaga.

Kampung Ujung dapat Anda kunjungi pada pukul 17.00 WITA hingga tengah malam. Tempat kuliner ini juga merupakan destinasi yang tepat bila ingin bersantap malam sembari menikmati indahnya suasana saat matahari terbenam. Penasaran? Jangan lupa datang ke sana. Pusat kuliner malam ini berada di Jalan Sukarno-Hatta, samping pelabuhan pelayaran rakyat dan Pelabuhan Labuan Bajo.

#Kampung Ujung #Kuliner #Labuan Bajo #Nusa Tenggara Timur (NTT) #Wisata #Traveling
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan