Jurus Jitu Agar Nasi Kotak Tidak Lekas Basi

Rina GarminaRina Garmina - Jumat, 05 Mei 2017
Jurus Jitu Agar Nasi Kotak Tidak Lekas Basi
Nasi kotak telah lama menjadi bagian dari tradisi syukuran di Tanah Air. (Foto: Rina Garmina)

Syukuran telah menjadi tradisi yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Aqiqah, sunat hingga kelulusan anak, semua dirayakan dengan sebuah acara syukuran. Nasi kotak juga menjadi bagian dari syukuran.

Nasi yang dibungkus dengan kemasan dus makanan itu biasanya diisi menu nasi lengkap dengan lauk pauknya. Buat Sahabat Merahputih yang biasa membuat sendiri nasi kotak untuk acara syukuran, ada beberapa jurus jitu agar nasi yang disajikan dalam kemasan kotak tidak basi dari pagi hingga malam hari.

1. Masukkan nasi setelah dingin

Saran ini datang dari Chef Yuda Bustara. Agar nasi tidak cepat basi, pastikan nasi tidak panas saat ditutup. Nasi cepat basi karena tingkat kelembapan tinggi. "Jadi, biarkan dingin dulu. Lalu baru ditutup." Teknik ini juga berguna untuk makanan lain.

2. Pisahkan nasi dengan lauk pauk

Agar nasi tidak cepat basi, Sahabat Merahputih harus memerhatikan teknik penyimpanannya. Mencampurkan nasi dengan lauk pauk membuat makanan jadi tidak tahan lama. Apalagi jika lauk pauknya berkuah. Supaya nasi tidak cepat basi, pisahkan nasi dengan lauk pauk. Bungkus terlebih dahulu nasi dengan kertas pembungkus nasi seperti di resto cepat saji agar nasi tidak lekas kering atau mudah tercampur lauk pauk lainnya.

Jangan lupa gunakan sarung tangan plastik saat akan memasukkan nasi dan lauk pauk agar bahan makanan tidak terkontaminasi kotoran yang berasal dari tangan. Selamat mempraktikkan jurus-jurus ini!

#Tips #Tips Masak
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan