Jokowi Dijadwalkan Tinjau Pembangunan Jalan Wamena-Habema

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 07 Mei 2017
Jokowi Dijadwalkan Tinjau Pembangunan Jalan Wamena-Habema
Presiden Jokowi usai groundbreaking Rusunami Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (27/4). (setkab.go.id)

Presiden Joko Widodo dijadwalkan meninjau pembangunan Jalan Wamena-Habema, Papua pada Rabu (10/5) mendatang. Jalur sepanjang 46 kilometer itu ditempuh dari Wamena menggunakan jalur darat selama kurang lebih satu jam perjalanan.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah XVIII Papua Oesman Marbun mengatakan, Presiden Jokowi yang didampingi Menteri PUPR Moch Basuki Hadimoeljono dan sejumlah menteri Kabinet Kerja akan menumpang kendaraan darat.

Ruas Jalan Wamena-Habema yang akan dikunjungi Presiden Jokowi itu baru diaspal sepanjang 37 km.

"Jalan tersebut nantinya akan menghubungkan Mbua-Mapduma, Kenyam-Batas Batu-Mumugu yang seluruhnya sepanjang 284 km," kata Oesman Marbun di Jayapura, Minggu (7/5) malam.

Ia mengakui dari 284 km yang sudah dapat dilalui adalah 164 km yaitu Wamena-Habema-Mbua sepanjang 90 km dan Kali Kenyam-Mumugu sepanjang sudah 74 km.

Pembangunan Jalan Wamena-Mumugu cukup berat karena selain hambatan geografis juga iklim yang terkadang ekstrem.

"Tercatat 55 jembatan dibangun dan membentang di atas ruas Jalan Wamena-Mumugu sepanjang 284 km," jelas Marbun seraya menambahkan, pembangunan ruas jalan tersebut dilaksanakan dengan melibatkan TNI AD yakni Batalyon Zipur.

"Pembangunan jalan di Kabupaten Nduga sejak 2016 dikerjakan TANI AD," kata Oesman Marbun.

Sumber: ANTARA

#Presiden Jokowi #Papua
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan