5 Bahaya Kesehatan Akibat Sering Begadang

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Jumat, 05 Mei 2017
5 Bahaya Kesehatan Akibat Sering Begadang
Terlalu sering begadang dapat mengganggu proses kerja tubuh Anda, sehingga berakibat timbulnya berbagai penyakit (Foto: Tapchiyduoc.com)

Kebiasaan begadang dapat membuat Anda kurang produktif dalam beraktivitas, karena melemahnya daya pikir akibat kelelahan. Orang dewasa normalnya butuh tidur 6-8 jam sehari. Jika kurang dari itu, Anda akan melewatkan berbagai proses penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut ini beberapa dampak buruk akibat sering begadang.

1. Menurunnya daya tahan tubuh

Salah satu dampak buruk yang ditimbulkan akibat seringnya begadang adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh. Sehingga, tubuh Anda akan mudah terserang berbagai macam penyakit, seperti flu, batuk, demam, dan berbagai penyakit lainnya. Saat begadang, tubuh Anda secara otomatis dipaksakan untuk beraktivitas, padahal sudah waktunya beristirahat. Jika tubuh tidak mendapat istirahat yang cukup, maka sel-sel tubuh Anda tidak diperbarui dan tubuh tidak dapat membuang racun dengan baik.

2. Pusing

Kurang tidur akibat kebiasaan begadang dapat memicu rasa pusing di pagi harinya. Penelitian mengungkap bahwa kurang tidur memiliki efek seperti benturan pada kepala. Hal ini diakibatkan oleh terganggunya hormon kortisol, yang berperan penting dalam mengatur tekanan darah dan metabolisme. Tekanan dan sirkulasi darah yang terganggu dapat mengakibatkan pusing, jantung berdebar, dan mual. Karena itu, selain pusing, orang yang sering begadang juga suka mengeluhkan jantung berdebar dan mual.

3. Stres

Tubuh memiliki mekanisme pertahanan. Saat ada ancaman, baik fisik maupun psikologis, otak menghasilkan hormon adrenokortikotropik yang mempersiapkan kondisi sedemikian rupa untuk menghadapi "bahaya" tersebut. Respons tubuh terhadap ancaman itulah yang menyebabkan stres. Begadang membuat tubuh memaksakan diri beraktivitas, akibatnya tubuh kelelahan dan pada titiknya, mekanisme pertahanan tubuh menganggap itu suatu "ancaman". Sehingga, Anda pun menjadi stres, bahkan depresi, yang ditandai ketidakstabilan emosi.

4. Memengaruhi kesuburan

Bagi wanita, sangat tidak disarankan untuk begadang karena dapat memengaruhi sekresi hormon dan kualitas ovum. Hal ini yang cenderung memengaruhi siklus menstruasi. Dan bagi pria, begadang dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas sperma Anda.

5. Penyakit jantung dan stroke

Waktu tidur malam yang kurang dari enam jam dapat menyebabkan peradangan pada arteri yang berisiko terjadinya penumpukan plak pada jantung. Hal ini terjadi karena kadar protein C-kreatif (CPR) dalam tubuh meningkat ketika Anda sering begadang. Plak ini akan menyumbat pembuluh darah Anda, yang dapat berakibat pada stroke.

Nah, sebisa mungkin aturlah pola tidur dan tegaslah pada diri Anda. Jangan jadikan begadang sebagai suatu kebiasaan, karena dampaknya sangat buruk bagi kesehatan Anda. Mungkin tidak tampak saat ini, tapi terakumulasi di masa yang akan datang. Sayangilah diri Anda dan orang-orang yang mengasihi Anda.

Lihat juga tips dan informasi lainnya mengenai kesehatan dan kecantikan di sini: 5 Manfaat Minum Air Lemon Hangat di Pagi Hari.

#Tips #Kesehatan #Gangguan Pada Tidur #Tidur
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan